Loading...

Barang Berbahaya

header all

Bahan Kimia Berbahaya

PT PPI berdasarkan SK Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 75/M-DAG/PER/10/2014 adalah Importir Terdaftar Bahan Berbahaya (IT B2) yang melakukan importasi dan pendistribusian Bahan Berbahaya di Indonesia dengan 407 Item Komoditi dan juga berfungsi membantu pemerintah dalam membatasi/mengurangi/mencegah penyalahgunaan bahan kimia berbahaya.

PIC: Koes
Phone: 082280065858

Borax pentahydrate

img-borax-pentahydrate.jpgBorax Pentahydrate berfungsi sebagai pengawet kayu, pengawet perekat, bahan untuk menaikkan pH (buffer pH), Fritz (Bahan penghalus), Glaze (Bahan pengkilat), Menurunkan temperatur furnace (ruang pembakaran), Mild Antiseptic, Mild Antibactery.

Borax decahydrate

img-borax-decahydrate.jpgProduk bahan kimia ini digunakan untuk proses pembakaran emas pada abu dalam proses pengolahan tambang emas berbagai jenis yang beredar, serta cocok & efektif untuk proses campuran pembakara karena dapat menstabilkan panas dalam pembakaran dan memudahkan logam emas untuk bersatu dalam proses pembakaran abu concentrate karena kedua hal tersebut sangat dibutuhkan untuk mencagah tidak menyatunya emas matang sehingga penggunaannya dapat lebih maksimal. Borax decahydrate ini dapat juga digunakan untuk berbagai industri dan dapat digunakan sebagai pengawet kayu, antiseptik kayu dan pengontrol kecoa.

PIC: Koes
Phone: 082280065858

Sodium Cyanide

img-sodium-cyanide.jpgBahan kimia ini merupakan salah satu jenis bahan kimia berbahaya yang biasa digunakan dalam pertanian, fotografi, industri logam, dan lain-lain. Penggunaannya juga untuk pengolahan mineral untuk memulihkan emas, tembaga, seng, dan perak yang mewakili sekitar 13 persen dari konsumsi secara global dengan 87 persen sisa yang digunakan dalam proses industri lainnya, seperti plastik perekat dan pestisida dalam dunia pertambangan, yang sangat penting karena merupakan bahan kimia industri yang amat berguna dan peran kuncinya dalam industri pertambangan.

M.D.E.A (Methyldiethanolamine)

img-MDEA.jpgMethyldiethanolamine adalah cairan kuning jernih, tidak berwarna atau pucat dengan bau amonia. zat ini larut dengan air, alkohol, dan benzena. Methyl diethanolamine juga dikenal sebagai N-metil dietanolamin dan lebih umum sebagai MDEA, yang memiliki rumus CH3N (C2H4OH) 2. MDEA adalah amina tersier dan secara luas digunakan sebagai bahan pemanis dalam kimia, kilang minyak, produksi syngas dan gas alam.

PIC: Koes
Phone: 082280065858

T.E.A (Triethanolamine)

img-triethanolamine.jpgTriethanolamine digunakan terutama sebagai emulsifier dan surfaktan. Ini adalah bahan umum dalam formulasi yang digunakan untuk kedua produk industri dan konsumen. Trietanolamina yang menetralkan asam lemak, menyesuaikan dan buffer pH, dan solubilises minyak dan bahan-bahan lain yang tidak benar-benar larut dalam air. Beberapa produk yang umum di mana trietanolamin ditemukan adalah deterjen cair laundry, cairan pencuci piring, pembersih umum, pembersih tangan, poles, cairan logam, cat, krim cukur dan tinta cetak.

Sodium Saccharine

img-sodium-saccharin.jpgSodium saccharin atau Sakarin sebagai pemanis buatan biasanya dalam bentuk garam berupa kalsium, kalium, dan natrium sakarin dengan rumus kimia (C14H8CaN2O6S2.3H2O), (C7H4KNO3S.2H2O), dan (C7H4NaNO3S.2H2O). Secara umum, garam sakarin berbentuk kristal putih, tidak berbau atau berbau aromatik lemah, dan mudah larut dalam air, serta berasa manis. Sakarin memiliki tingkat kemanisan relatif sebesar 200 kali tingkat kemanisan sukrosa dengan tanpa nilai kalori. Kombinasi penggunaannya dengan pemanis buatan rendah kalori lainnya bersifat sinergis.

Brass Salt

img-brass-salt.jpgBrass salt digunakan pada industri elektroplating untuk dapat menghasilkan endapan kuning keemasan. Dapat digunakan baik hangat atau dingin, disarankan beroperasi dalam kondisi hangat karena dapat menghasilkan kuningan dengan lebih baik dibanding dingin. Deposit diperoleh biasanya warna kuning keemasan tetapi setiap warna dari kuning pucat kemerahan emas mungkin diperoleh dari proses pencelupan yang sama dengan memvariasikan suhu dan kerapatan arus.

Cooper Cyanide

img-copper-cyanide.jpgCopper cyanide atau Tembaga (I) sianida adalah senyawa anorganik dengan rumus CuCN. Padatan putih ini terjadi dalam dua polimorf. Sampel yang tidak murni bisa berwarna hijau karena adanya kotoran Cu (II). Senyawa ini berguna sebagai katalis, dalam elektroplating tembaga, dan sebagai reagen dalam penyusunan nitril.

Sianida keperakan tersedia secara komersial dan disuplai sebagai polimorf suhu rendah. Hal ini dapat disiapkan dengan pengurangan tembaga (II) sulfat dengan natrium bisulfit pada suhu 60° C, diikuti dengan penambahan natrium sianida untuk mengendapkan LT-CuCN murni sebagai bubuk kuning pucat.

Produk Merck (Analisa Laboratorium)

img-merck.jpgPT Merck Tbk merupakan perusahaan multinasional yang bergerak di bidang farmasi dan kimia di Indonesia. Di bidang farmasi, mereka memproduksi dan menjual merek-merek farmasi ternama seperti Neurobion®, Sangobion® dan Glucophage® dengan fasilitas bersertifikat cGMP. Pada bidang kimia, Merck memasarkan berbagai jenis bahan kimia, zat warna, serta berbagai spesialisasi kimia lainnya.

Boric Acid

img-boric-acid.jpgAsam borat (boric acid) merupakan senyawa kimia yang mudah larut dalam air. Asam borat telah digunakan sejak tahun 1600-an, ketika ahli kimia menghasilkan senyawa ini dengan mereaksikan borat dengan asam sulfat.

Berbagai macam industri menggunakan Boric acid yang dianggap memiliki toksisitas yang relatif rendah. Bermacam produk yang mengandung Boric Acid juga dapat ditemukan di pasaran, mulai dari insektisida hingga kosmetik.

Boric acid dapat digunakan untuk berbagai proses industri seperti mengolah kayu, membuat berbagai material tahan api, membuat semen, dan menciptakan reaksi terkontrol pada pembangkit listrik tenaga nuklir. Boric Acid juga merupakan pengawet dan pengering (penyerap kelembaban) yang baik.

Boric acid memiliki pula sejumlah manfaat pengobatan. Senyawa ini bekerja sebagai antiseptik ringan dan efektif mengobati beberapa kondisi kulit seperti jerawat dan ruam ringan. Boric acid umum digunakan untuk mengatasi infeksi jamur dan dalam bentuk encer dimanfaatkan sebagai obat cuci mata.

Paraformaldehyde

img-paraformaldehyde.jpgParaformaldehyde adalah polioksimetilen terkecil, produk polimerisasi formalin dengan tingkat khas polimerisasi 8-100 unit. Paraformaldehyde umumnya memiliki sedikit bau formalin karena dekomposisi.

Thiourea

img-thiourea.jpgThiourea merupakan senyawa organik yang mirip dengan urea, kecuali 1 atom oksigennya diganti dengan atom sulfur. Thiourea terdapat dalam 2 jenis, yaitu thiourea oksida dan thiourea sulfide. Adapun jenis thiourea yang berfungsi melarutkan emas adalah thiourea sulfide, atau sering disebut dengan nama thiocarbamide.

Thiourea merupakan salah satu solusi pelarut emas pengganti sianida, karena sifat senyawa kimia ini yang tak beracun. Pada beberapa negara yang telah melarang pemakaian sianida, penggunaan thiourea telah mulai massif dilakukan. Emas dengan thiourea membentuk larutan kompleks, di mana emas thiourea merupakan kation kompleks, namun berbeda dengan senyawa kompleks emas lainnya (emas sianida, emas thiosulfat, dan tertakloroaurat yang membentuk anion).

Salicylic Acid

img-salicylic-acid.jpgSalicylic acid merupakan salah satu zat kimia yang terbuat dari karbohidrat kompleks pada pohon dedalu. Asal mula nama zat ini sendiri, diambil dari nama latin pohon dedalu, yaitu Salix. Biasanya, zat ini sering dijumpai pada aspirin sebagai pereda nyeri. Namun, kandungan ini juga sering kali digunakan dalam sabun wajah untuk kulit berjerawat karena dapat membantu memperbaiki regenerasi sel pada kulit.

PIC: Koes
Phone: 082280065858

H2O2 (Hidrogen peroksida)

img-H2O2.jpgH2O2 adalah cairan bening, agak lebih kental daripada air, yang merupakan oksidator kuat. Sebagai bahan kimia anorganik dalam bidang industri, teknologi yang digunakan untukH2O2 adalah auto oksidasi Anthraquinone. Dengan ciri khasnya yang berbau khas keasaman dan mudah larut dalam air, dalam kondisi normal (ambient) kondisinya sangat stabil dengan laju dekomposisi kira-kira kurang dari 1% per tahun. Salah satu keunggulanH2O2 dibandingkan dengan oksidator yang lain adalah sifatnya yang ramah lingkungan karena tidak meninggalkan residu yang berbahaya. Kekuatan oksidatornya pun dapat diatur sesuai dengan kebutuhan.

Kaporit

img kaporitKaporit atau Kalsium hipoklorit adalah senyawa kimia yang memiliki rumus kimia Ca(ClO)2. Kaporit biasanya digunakan sebagai zat disinfektan air. Senyawa ini relatif stabil dan memiliki klorin bebas yang lebih banyak daripada natrium hipoklorit (cairan pemutih). Kaporit umumnya digunakan untuk sanitasi kolam renang umum dan disinfektan air minum. Kaporit juga digunakan di dapur sebagai disinfektan permukaan dan peralatan dapur. Penggunaan umum lainnya antara lain pembersih kamar mandi, semprotan disinfektan rumah tangga, algasida, herbisida, dan deterjen binatu.

Soda Ash

img-soda-ash.jpgSoda ash adalah garam natrium dari asam karbonat yang mudah larut dalam air. Soda ash murni berwarna putih, bubuk tanpa warna yang menyerap embun dari udara, punya rasa alkalin/pahit, dan membentuk larutan alkali yang kuat. Pembuatan kaca adalah salah satu kegunaan penting dalam natrium karbonat. Dapat menjadi fluks untuk silika, dengan menurunkan titik cair campuran ke sesuatu yang dapat diterima tanpa material khusus. "Soda kaca" ini mudah larut dalam air, jadi kalsium karbonat ditambah pada campuran yang belum mencair untuk menghasilkan kaca yang diproduksi tidak mudah larut dalam air. Jenis kaca ini disebut kaca soda kapur, "soda" untuk natrium karbonat dan "kapur" untuk kalsium karbonat. Dapat digunakan sebagai pelembut air dalam mencuci pakaian. Ia beradu dengan ion magnesium dan kalsium di air dan mencegahnya berikatan dengan deterjen yang sedang dipakai. Soda ash dapat dipakai untuk menghilangkan minyak, oli, dan karat anggur.

Tawas

img-tawas.jpgTawas sudah dikenal lama oleh masyarakat dan memiliki banyak manfaat. Salah satu dari sekian banyak manfaat tawas yang sudah diketahui banyak orang di antaranya sebagai pembening air keruh dengan cara memasukkan sejumlah tawas pada air yang tampak keruh sehingga lama-lama akan berubah bening, karena tawas berfungsi sebagai penangkap partikel halus dalam air dan mengubah jadi endapan. Nama lain dari tawas adalah alum yaitu senyawa kimia yang terbuat dari molekul air yang tidak berwarna dan memiliki bentuk kristal.

Berikut ini beberapa manfaat tawas serta efek samping tawas bagi kesehatan: penjernih air, penghilang bau amis, menghilangkan bau badan, bahan komestik, bahan anti api, bahan pengawet, menghambat pendarahan, obat sariawan, minyak rambut, pemutih gigi dan rambut.

Water Glass / Sodium Silicate

img-water-glass-sodium-silicate.jpgWater glass yang dipakai dalam banyak industri batik, digunakan untuk memperkuat warna jenis procion atau rhemazol. Jenis warna prosyen dan atau remasol ini, dalam dunia perbatikan, tergolong sebagai jenis pewarna reaktif.

Caustic Soda

img-caustic-soda.jpgCaustic soda merupakan bahan baku penting dan juga bahan yang digunakan dalam berbagai proses kimia di banyak industri. Industri pulp dan kertas merupakan salah satu pengguna terbesar produk caustic soda di seluruh dunia, di mana caustic soda digunakan sebagai bahan baku dalam proses pulping dan bleaching. Caustic soda juga digunakan dalam proses daur ulang kertas bekas, yaitu dalam proses “de-inking” kertas bekas, di samping juga banyak digunakan dalam proses pengolahan air.

Dalam industri tekstil, caustic soda digunakan dalam pemrosesan kapas di samping juga dalam proses pewarnaan serat sintetik seperti nilon dan polyester. Dalam industri sabun dan deterjen, caustic soda digunakan dalam reaksi saponifikasi, yaitu reaksi konversi minyak nabati menjadi sabun. Caustic soda juga digunakan dalam pembuatan surfaktan anionic yang merupakan komponen penting dalam produk deterjen maupun produk pembersih. Industri minyak dan gas bumi (migas) memanfaatkan caustic soda dalam tahap eksplorasi, produksi maupun pemrosesan minyak dan gas alam, di mana caustic soda digunakan untuk menghilangkan bau yang berasal dari hidrogen sulfida (H2S) maupun mercaptan. Dalam proses produksi aluminium, caustic soda digunakan untuk melarutkan bijih bauksit yang merupakan bahan baku dalam produksi aluminium. Dalam industri kimia, caustic soda digunakan sebagai bahan baku atau bahan kimia proses yang menghasilkan berbagai produk kimia hilir, seperti bahan plastik, obat-obatan, pelarut, kain sintetik, adesif, zat pewarna, cat, tinta, dan lain-lain. Caustic soda juga digunakan secara luas untuk menetralisasi limbah yang bersifat asam dan juga untuk menyerap komponen dalam gas buang yang bersifat asam.

Contoh aplikasi caustic soda yang digunakan dalam jumlah kecil di antaranya produk pembersih rumah tangga, pembersih botol minuman, pembuatan sabun skala kecil, dan lain-lain.

PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero)
PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero)
GRAHA PPI, Jl. Abdul Muis No.8,
Jakarta Pusat, DKI Jakarta, 10160,
Indonesia
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Phone: +6221 3862141
Fax: +62 21 3862143