BUMN Shop adalah toko grosir untuk desa.

Pembentukan BUMN Shop merupakan komitmen Kementerian BUMN dalam mendorong BUMN untuk mendukung pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa.

Pembentukan BUMN Shop ini merupakan kolaborasi BUMN dengan BUMDes dalam rangka memajukan perekonomian masyarakat, yang tujuannya agar dana desa tetap berputar di desa, sehingga diharapkan akan menambah pendapatan masyarakat desa.

Memberikan akses yang lebih mudah kepada masyarakat untuk mendapatkan berbagai barang kebutuhannya dengan harga yang wajar (berasal dari BUMN dan Swasta).

Bekerjasama/kemitraan dua arah dengan BUMDes, untuk mengembangkan usaha retail dan pemasaran produk setempat sebagai bentuk layanan kepada masyarakat.

Secara bertahap mendorong BUMN SHOP menjadi agen barang kebutuhan masyarakat, sehingga mampu mendukung dan menumbuhkembangkan jaringan retail yang telah ada di lingkungannya.

Selain akan terus menambah jumlah BUMN Shop di Jawa Barat, ekspansi akan dilanjutkan ke daerah Jawa Timur. 

Program BUMN Shop merupakan inisiasi bersama antara Kementerian BUMN dengan Kementerian Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi. Dalam pelaksanaan Program BUMN Shop ini, Kementerian BUMN menyinergikan beberapa perusahaan negara.

PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) pada BUMN Shop ini bertindak sebagai koordinator dan operator, serta memasok produk-produk sendiri seperti Beras Panganesia, Minyak Goreng Panganesia, Pestisida Dharmabrand, makanan kalengan dengan merek Kiku dan Arnesh, dan produk-produk lainnya.

Manfaat yang akan diperoleh BUMDes dengan menjadi BUMN Shop adalah pertama, BUMN Shop ini dimiliki oleh BUMDes (bukan milik perorangan tetapi milik masyarakat desa), sehingga manfaatnya atau keuntungannya bisa dinikmati oleh masyarakat.

Kedua, selama ini masing-masing BUMDes mempunyai ciri khas produk tertentu, dengan adanya dukungan dari BUMN ini maka bisa terjadi perluasan jaringan penjualan produk BUMDes di seluruh jaringan BUMN Shop yang tersebar di seluruh Indonesia. Dengan demikian ini berdampak positif kepada pertumbuhan ekonomi di pedesaan. 

Ketiga, dengan adanya BUMN Shop, maka terdapat adanya jaminan suplai atau pasokan barang dan kepastian harga jual dari BUMN yang menjadi produsen dari komoditas tersebut. BUMN Shop menyuplai toko kecil atau menjadi grosir di lingkungan desa. Diharapkan dengan demikian, BUMDes bisa mendapatkan harga yang lebih kompetitif.