Loading...

Barang Berbahaya

header all

PIC: Unggul
Phone: 0858 6539 0648 / 0821 3477 2460

Insektisida

Insektisida adalah bahan-bahan kimia bersifat racun yang dipakai untuk membunuh serangga. Insektisida dapat memengaruhi pertumbuhan, perkembangan, tingkah laku, perkembangbiakan, kesehatan, sistem hormon, sistem pencernaan, serta aktivitas biologis lainnya hingga berujung pada kematian serangga pengganggu tanaman Insektisida termasuk salah satu jenis pestisida. Berikut ini adalah produk insektisida PT PPI:

Dharmabas 500 EC

img dharmabasInsektisida Karbamat yang bekerja sebagai racun kontak dan racun perut berbentuk pekatan berwarna coklat yang dapat membentuk emulsi dalam air. Sangat ampuh untuk mengendalikan hama penting tanaman padi seperti wereng punggung coklat, wereng hijau, wereng punggung putih, ulat grayak dan walang sangit; ulat grayak pada tanaman cabai dan bawang merah serta penggerek batang pada tanaman tebu. Lebih ekonomis karena biaya pengendalian hama yang lebih rendah. Sangat efektif terhadap berbagai hama tanaman sayuran, pangan dan perkebunan.

Dharmafur 3 GR

img dharmafurMerupakan insektisida yag bekerja sebagai racun kontak dan lambung yang sistemik berbentuk butiran berwarna ungu. Produk ini berguna untuk mengendalikan hama wereng hijau, penggerek batang, walang sangit, lalat daun & ulat grayak pada tanaman padi, lalat bibit, ulat grayak pada tanaman kedelai, ulat grayak pada tanaman bawang merah dan cabai.

Dharmasan 600 EC

img dharmasanMengendalikan hama-hama tanaman, baik pada stadia larva maupun stadia imago dengan cara unit dan pasti. Dharmasan 600 EC bekerja mempengaruhi sistem syaraf sehingga serangga menjadi hiperaktif kemudian menggelepar, lalu mati. Dengan cara kerja Dharmasan 600 EC tersebut, kematian serangan terjadi paling lambat 72 jam setelah aplikasi dengan menunjukkan gejala badannya mengkerut, kaku, dan mengeluarkan airan hitam kecoklatan.

Dharmasip 50 EC

img dharmasipDengan bahan aktif sipermetrin 50 gil merupakan insektisida piretroid yang bekerja sebagai racun dan lambung untuk mengendalikan hama pada tanaman cabai, bawang merah, tomat, dan kedelai.

Distributor pestisida PT Petrosida Gresik dan PT Mitra Kreasidharma

logo psg mkdPT PPI sebagai distributor eksklusif PT Petrosida Gresik dan PT Mitra Kreasidharma untuk jenis herbisida, fungisida dan insektisida lainnya. Pestisida dari PT MKD terdapat 10 merek yang diperdagangkan di antaranya: Block Up 480 SL, Zebindo 80 WP, Rennate 40 WP, Delta 25 EC, Labrador 25 EC, Innova 25 EC, dan lain-lain. Pestisida dari PT PSG terdapat sekitar 60 merek yang diperdagangkan di antaranya: Brown Up 480 SL, Sidatan 410 SL, Sidafos 480 AS, Sidaxone 276 SL, See Top 525 SL, Damin 875 SL, Guela 12.5 PA, Sidametrin 50 EC, Sidalaris 240 SL, dan lain-lain.

PIC: Witono
Phone: 0813 3613 8604

Dalam menjalankan bisnisnya sebagai perusahaan perdagangan yang memiliki kemampuan mendistribusikan barang, PT PPI melakukan kerjasama dengan berbagai perusahaan pupuk, sehingga memudahkan pendistribusian pupuk ke seluruh wilayah Indonesia. Berbekal pengalaman panjang dan keberadaan cabang, gudang-gudang, dan kendaraan operasional yang dimiliki PT PPI, tentu menjadi nilai lebih untuk mendistribusikan barang dengan baik dan sangat membantu petani di daerah dalam mendapatkan pupuk tersebut.

KCL

img pupuk kclPupuk KCL atau yang sering disebut sebagai MOP (Muriate Of Potash) merupakan salah satu jenis pupuk tunggal yang memiliki konsentrasi tinggi, yaitu mengandung 60% K2O sebagai Kalium klorida. Ini merupakan pupuk yang mengandung unsur kalium yang sangat cocok digunakan untuk segala jenis tanaman yang memiliki sifat toleran terhadap klorida atau tanah dengan klorida rendah. Selain itu, Pupuk KCL dapat diaplikasikan untuk semua jenis tanah.

NPK

img pupuk npkPupuk NPK adalah pupuk yang memiliki kandungan unsur hara Nitrogen (N), Phosphat (P) dan Kalium (K). Pupuk majemuk NPK adalah pupuk yang mengandung setidaknya 5 unsur hara yang tediri dari 3 unsur hara makro yaitu N, P, dan K serta 2 unsur hara mikro. Setiap jenis pupuk atau merk memiliki presentase atau komposisi kandungan yang berbeda-beda, yang ditandai dengan angka seperti MPK 16-16-16, NPK 15-15-15 atau NPK 12-12-12. Angka-angka tersebut adalah presentasi kandungan unsur hara makro yang ada di dalamnya, sedangkan kandungan unsur hara mikro sangat sedikit sehingga umumnya tidak ditulis pada kemasan.

Urea

img pupuk ureaPupuk Urea merupakan zat yang membantu pertumbuhan tanaman. Pupuk Urea dibuat secara kimiawi dengan kandungan kadar nitrogen yang cukup tinggi. Pupuk Urea membuat daun tanaman lebih hijau, rimbun, dan segar. Nitrogen juga membantu tanaman sehingga mempunyai banyak zat hijau daun (klorofil). Dengan adanya zat hijau daun yang berlimpah, tanaman akan lebih mudah melakukan fotosintesis. Pupuk Urea juga mempercepat pertumbuhan tanaman, menambah kandungan protein di dalam tanaman, dapat digunakan untuk semua jenis tanaman, baik untuk tanaman pangan, tanaman holtikultura, tanaman usaha perkebunan, tanaman di sekitar peternakan dan juga tanaman di sekeliling usaha perikananan.

ZA

img pupuk zaPupuk ZA adalah pupuk kimia buatan yang dirancang untuk memberi tambahan hara nitrogen bagi tanaman. Pupuk ZA mudah menyerap air, karena ion sulfat sangat mudah larut dalam air sedangkan ion amonium lebih lemah, pupuk ini berpotensi menurunkan pH tanah yang terkena aplikasinya. Pupuk ZA memperbaiki kualitas dan meningkatkan produksi serta nilai gizi hasil panen dan pakan ternak karena peningkatan kadar protein pati, padi, gula, lemak, vitamin, dan lain-lain; memperbaiki rasa dan warna hasil panen; tanaman lebih sehat dan lebih tahan terhadap gangguan lingkungan (hama, penyakit, kekeringan); kandungan nitrogennya hanya separuhnya dari pupuk urea, sehingga biasanya pemberiannya dimaksudkan sebagai sumber pemasok hara belerang pada tanah-tanah yang miskin unsur ini, maka Pupuk ZA merupakan pilihan terbaik untuk memenuhi kebutuhan unsur hara belerang.

PIC: Unggul
Phone: 0858 6539 0648 / 0821 3477 2460

Pupuk bersubsidi adalah pupuk yang pengadaan dan penyalurannya mendapat subsidi dari Pemerintah untuk kebutuhan petani yang dilaksanakan atas dasar program Pemerintah. Dengan adanya keterbatasan Pemerintah dalam penyediaan subsidi pupuk dalam rangka program pemerintah, maka pupuk bersubsidi hanya diperuntukan bagi usaha pertanian yang meliputi Petani Tanaman Pangan, Peternakan dan Perkebunan Rakyat. Dan untuk menjamin pengadaan dan mencegah terjadinya penyimpangan dalam penyaluran pupuk bersubsidi, ditetapkan Keputusan Menteri, yaitu melalui Surat Keputusan Menperindag No. 70/MPP/Kep/2/2003 tanggal 11 Pebruari 2003, tentang Pengadaan dan Penyaluran Pupuk Bersubsidi Untuk Sektor Pertanian.

PT PPI adalah distributor resmi, ditunjuk oleh produsen untuk melakukan pembelian, penyimpanan, penjualan serta pemasaran pupuk bersubsidi dalam partai besar untuk dijual kepada Konsumen akhir melalui Pengecernya. Pupuk yang didistribusikan PT PPI adalah Pupuk Sriwidjaja, Pupuk Kujang, Pupuk Kalimantan Timur, Pupuk Iskandar Muda, dan Pupuk Petrokimia Gresik.

PIC: Ardi
Phone: 0812 2271 7186

PT PPI bekerjasama dengan pabrikan farmasi seperti PT Harsen, PT MJB Pharma, Pyridam Farmasi, dan lain-lain, untuk mendistribusikan produk farmasi melalui cabang PT PPI seluruh Indonesia. Selain itu PT PPI juga bekerjasama dengan Pedagang Besar Farmasi (PBF) Multinasional untuk menjadi sub-distributor produk farmasi, seperti        PT Merapi Utama Pharma, PT Tiga A, PT Sagi Capri, dan lain-lain.

PT PPI juga salah satu distributor dari PT Biofarma (Persero). Produk yang didistribusikan adalah vaksin, serum, dan alat diagnostik melalui cabang PT PPI seluruh Indonesia. PT PPI menyalurkan produk PT Biofarma (Persero) untuk program tender pemerintah dan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) (e-catalog).

img pharmacy consumable 02

PIC: Ardi
Phone: 0812 2271 7186

PT PPI adalah distributor tunggal untuk produk Transamin (Tranxenamix Acid), yaitu obat anti pendarahan berbahan baku asam traneksamat pertama di Indonesia. Transamin pilihan yang terbukti aman dan efektif menangani pendarahan dengan menghambat aktivitas dari activator plasminogen dan plasmin, mencegah degradasi fibrin, meningkatkan agregasi platelet dan aktifitas faktor keagulasi serta mencegah kerapuhan dinding pembuluh darah.

img transamin 02

PIC: Witono
Phone: 0813 3613 8604

Kertas & Alat Tulis Kantor

HVS adalah singkatan dari Houtvrij Schrijfpapier (bahasa Belanda) yang artinya kertas tulis bebas serat kayu. Kertas jenis HVS dibuat dari pulp (bubur kertas) yang tidak mengandung lignin (perekat antarserat di dalam pohon), sehingga tidak mudah berubah warna (menjadi kekuningan) jika diletakkan di bawah sinar matahari atau sinar lampu. PT PPI menjual jenis kertas A4 70 gsm dan 80 gsm, F4 70 gsm, dan A5. Area penjualan kertas yang sudah dilakukan PT PPI yaitu di area pulau Jawa, Kalimantan, dan Ambon.

PIC: Witono
Phone: 0813 3613 8604

Gula Kristal Putih

img gula 03Gula merupakan komoditas strategis di Indonesia. Untuk cadangan kebutuhan konsumsi gula nasional, pemerintah melalui Departemen Perdagangan melakukan impor gula yang dilakukan oleh para importir terdaftar. PT PPI merupakan salah satu importir terdaftar yang ditunjuk pemerintah dalam rangka stabilisasi harga komoditi gula dengan mengimpor gula kristal putih. Sejak tahun 2003, PT PPI telah melaksanakan penugasan pemerintah untuk pengadaan gula kristal putih yang dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan gula di Indonesia. PT PPI sebagai distributor dan stabilisator harga gula kristal putih, menyalurkan gula kristal putih yang memiliki kadar ICUMSA 81 IU - 200 IU dan berstandar nasional Indonesia (SNI), melalui di hampir 12.000 mitra dan 32 cabang di seluruh Indonesia.

 

Beras

img-beras-01.jpgBeras merupakan salah satu dari sembilan bahan pokok. Di beberapa negara terutama Asia, beras merupakan makanan pokok terpenting. Selain dijadikan nasi, beras juga digunakan sebagai bahan pembuat berbagai macam penganan dan kue-kue, utamanya dari ketan, termasuk pula untuk dijadikan tapai. PT PPI juga kerap diberikan penugasan oleh Pemerintah untuk membantu menyerap hasil produksi gabah petani yang dengan terserapnya beras petani, maka diharapkan harganya bisa stabil. Kedepannya PT PPI dengan bersinergi dengan BUMN akan membangun Rice Milling Unit (RMU) di beberapa kabupaten-kabupaten di Indonesia.

Tepung Terigu

img-terigu-01.jpgTepung terigu adalah salah satu bahan makanan yang dibuat dari biji gandum yang berbentuk serbuk atau butiran sangat halus berwarna putih. Tepung terigu ini merupakan salah satu jenis tepung yang sering digunakan dalam membuat berbagai jenis makanan dan masakan. Misalnya, terigu digunakan sebagai bahan pokok dalam pembuatan mi, roti, biskuit, dan bubur. PT PPI menjual tepung terigu di wilayah Jawa dan Papua dengan merek dagang Dahlia, Melati, Kantil, dan Bogasari. Untuk di wilayah Papua, PT PPI berperan sebagai distributor untuk penurunan harga sembako di Wamena dan Puncak Jaya.

Minyak Goreng

Panganesia Edit 4 ResizeMinyak goreng adalah minyak yang berasal dari lemak tumbuhan atau hewan yang dimurnikan dan berbentuk cair dalam suhu kamar dan biasanya digunakan untuk menggoreng bahan makanan. Minyak goreng berfungsi sebagai pengantar panas, penambah rasa gurih, dan penambah nilai kalori bahan pangan. PT PPI kini bekerjasama dengan PT Industri Nabati Lestari tentang Kerjasama Pemasaran Produk Minyak Goreng (Olein). Tentu hal ini termasuk dalam rangka usaha kerjasama yang saling menguntungkan dengan memanfaatkan potensi, keahlian, dan fasilitas yang dimiliki oleh masing-masing pihak dalam rangka kerjasama jual beli produk dan dilandasi dengan semangat sinergi BUMN dan anak perusahaan BUMN (PT Industri Nabati Lestari adalah anak perusahaan PTPN 3).

Brand minyak goreng PT PPI ini bernama Panganesia, yang memiliki makna “Pangan Untuk Indonesia”. Ini adalah bentuk perwujudan BUMN Hadir untuk Negeri, dengan mengimplementasikan strategi korporasi untuk menjadi perusahaan supplier pangan dunia yang dalam jangka panjang akan meningkatkan volume produksi sehingga dapat berkontribusi untuk stabilisasi harga minyak goreng dan tetap mengedepankan aspek komersial dan terukur.

Keunggulan produk yang dimiliki Panganesia adalah diproduksi dengan menggunakan RBD Palm Olein CP 8 yang titik bekunya berada pada suhu 18 – 20 °C. Minyak goreng panganesia memiliki harga ekonomis namun kualitas mutu lebih baik dari beberapa produk minyak goreng sekelasnya

PIC: Witono
Phone: 0813 3613 8604

Air mineral adalah air yang mengandung mineral atau bahan-bahan larut lain yang mengubah rasa atau memberi nilai-nilai terapi. Banyak kandungan garam, sulfur, dan gas-gas yang larut di dalam air ini. Air mineral biasanya masih memiliki buih. Air mineral bersumber dari mata air yang berada di alam. PT PPI menjual air mineral dalam kemasan dengan merek dagang Aqua dan Jatiluhur dalam berbagai ukuran: 240 ml, 330 ml, 600 ml, 1500 ml, dan galon.

PIC: Witono
Phone: 0813 3613 8604

Merek Unilever sangat terkenal karena membuat dan menjual lebih dari 400 brand di seluruh dunia. Setiap harinya kurang lebih dua miliar orang menggunakan produk Unilever sehingga menjadi kesempatan yang baik dengan mendistribusikannya.

img logo2 unilever

Carica

img caricaPIC: Lina

Phone: 0816 1618 811

PT PPI sebagai single buyer dalam pengembangan dan penyerapan produksi Carica domestik maupun ekspor untuk kesejahteraan petani carica Dieng-Wonosobo. Manisan Carica berasal dari buah carica yang memiliki rasa segar dan berkhasiat untuk memperlancar pencernaan. Buah carica ini (Vasconcellea cundinamarcencis) merupakan buah langka dan khas yang tumbuh subur di dataran tinggi Dieng, dataran tinggi Andes, Amerika Selatan, dan Rusia.

 

Bawang Merah

img bawang 01PIC: Lina

Phone: 0816 1618 811

PT PPI bermitra dengan petani Indonesia dalam memenuhi kebutuhan bawang merah (Allium cepa var ascalonium). Bawang merah merupakan salah satu komoditi sayuran dataran rendah yang menjadi bumbu berbagai masakan di dunia. Indonesia dengan sebagian besar tanah yang subur dan gembur menjadikan lahan yang pas untuk menanam bawang merah yang terkenal dengan aromanya yang paling baik di dunia. Dengan memiliki cabang diseluruh wilayah Indonesia, maka PT PPI dapat melaksanakan pemenuhan kebutuhan masyarakat akan bawang merah dari mulai hulu (daerah penghasil) hingga hilir (daerah penerima suplai).

Kopi

img kopiPIC: Titin

Phone: 0811 1015 169

Kopi Indonesia saat ini menempati peringkat ketiga terbesar di dunia dari segi hasil produksi. Kopi memiliki peranan penting bagi masyarakat di Indonesia. Indonesia adalah salah satu negara produsen dan eksportir kopi paling besar di dunia. Potensi ekonomi yang dimiliki datang dari sektor kopi tersebut, menjadikan kesempatan yang baik untuk PT PPI yang kini tengah gencar mengembangkan metode pengelolaan kopi arabika dari daerah Sumatera dan Papua. Langkah-langkah yang kita lakukan adalah pendampingan untuk proses panen, pengelolaan pasca panen, pembelian green bean, dan pemasaran produk premium. Varian kopi yang akan dikembangkan adalah Kopi Papua Wamena, Sumatera Toba, Sumatera Mandailing, Aceh Gayo dan Papua Blend. Merek kopi PPI ini bernama Covare.

Koneksi antara secangkir kopi dan petani tercipta baik, karena komitmen untuk menghasilkan kualitas terbaik. Konsistensi alam memiliki kesempurnaan untuk mempengaruhi hasil setiap biji kopi yang ditawarkan. Menggabungkan sinergi antara koneksi (connection) petani dan alam (environment), Covare Coffee merupakan rumah untuk mengenalkan biji kopi olahan mereka. Dengan tujuan untuk mendapatkan respon ekspresif dari konsumen berdasarkan kualitas biji kopi yang ditawarkan dan mengembalikan nilai yang dihasilkan oleh tiap cangkir kepada para petani.

Covare sudah bisa didapatkan pada marketplace seperti Tokopedia, Lazada, Blibli, Shopee, Blanja.com, dan sebagainya. Untuk mendukung hal tersebut, PT PPI kini juga tengah menyiapkan pabrik kopi di daerah Lodan Jakarta Utara. Perusahaan mengembangkan kopi dengan cara membesarkan petani, membesarkan semua yang terlibat dan tentu saja untuk membesarkan perseroan sendiri dengan keuntungan terukur dan berimbang.

Cabai

img cabai 01PIC: Lina

Phone: 0816 1618 811

PT PPI bermitra dengan petani Indonesia (hulu) dalam memenuhi kebutuhan cabai merah (Capsium annum) yang didisribusikan oleh cabang untuk dapat diserap oleh pasar lokal (hilir). Cabai merah ini menjadi salah satu komoditas primadona holtikultura yang bernilai ekonomis tinggi dan cocok dikembangkan di daerah tropis seperti di Indonesia. PT PPI juga berupaya turut serta melakukan pengendalian harga melalui budidaya secara langsung di hulu dengan penggunaan teknologi screen house dan sistem irigasi dripline. Hal ini dimaksudkan agar angka resiko gagal panen di musim hujan dapat diminimalisasi. Proyek Bisnis Budidaya Tanaman Cabai Rawit Merah ini telah berjalan sejak bulan Juli 2017 hingga kini. Pada tahap awal, perusahaan melakukan piloting project budidaya cabai rawit merah menggunakan screenhouse dan selebihnya menggunakan metode tradisional/konvensional di lahan milik PT PPI.

Kentang

img-kentang-01.jpgPIC: Lina

Phone: 0816 1618 811

PT PPI bekerjasama dengan para petani kentang Wonosobo dataran tinggi Dieng yang memiliki potensi sangat besar sebagai penghasil kentang yang berkualitas ekspor. Kentang ini memiliki ciri khas warna kekuning-kuningan, bisa bertahan sampai dengan 2 bulan dan buahnya cenderung lebih keras.

 

 

 

Benih

img-benih.jpgPIC: Titin

Phone: 0811 1015 169

PT PPI bermitra dengan penangkar benih di berbagai wilayah di berbagi wilayah di seluruh Indonesia. Varietas untuk benih padi antara lain: IR64, Ciherang, Towuti, dan Situbagendit. Sedangkan untuk jagung yaitu: Bima 19, Bima 20, SP-1. PT PPI juga bekerja sama dengan Badan Penelitian & Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian Republik Indonesia, melalui kerjasama pengembangan inovasi badan penelitian & pengembangan pertanian melalui lisensi.

Cangkul

img-cangkul.jpgPIC: Titin

Phone: 0811 1015 169

Cangkul adalah satu jenis alat tradisional yang digunakan dalam pertanian. Cangkul digunakan untuk menggali, membersihkan tanah dari rumput ataupun untuk meratakan tanah.

PIC: Titin
Phone: 0811 1015 169

Semen

img bahan bangunanSemen yang didistribusikan oleh PT PPI adalah Semen Portland Jenis I. Semen jenis ini adalah semen hidrolis yang dibuat dengan menggiling terak semen dan gypsum.

Biasanya semen jenis ini digunakan untuk bangunan umum dengan kekuatan tekanan yang tinggi dan tidak memerlukan persyaratan khusus seperti: bangunan bertingkat, perumahan, jembatan, dan jalan raya, landasan udara, beton pratekan, bendungan air/ saluran irigasi, elemen bangunan seperti hollow brick/batako, paving block, buis beton roster, dan lain-lain.

Semen yang didistribusikan PT PPI adalah Semen Gresik, Semen Padang, Semen Baturaja, Semen Gresik, dan Semen Tonasa.

Sebagai bentuk respon terhadap program pemerintah dalam upaya memperkecil disparitas harga semen di Papua yang ekstrem, maka sebagai agent of development, PT PPI melalui sinergi dengan BUMN lainnya melaksanakan program dengan menghadirkan semen di papua, khususnya wilayah pegunungan tengah Papua dengan harga yang lebih terjangkau.

Aspal

img-aspal.jpgAspal adalah hasil kerak minyak bumi yang biasa digunakan untuk melapisi jalan raya agar rata untuk dilalui. Komoditi aspal pada divisi Construction Material diimpor dari Iran. Kerjasama ini dilakukan karena aspal Iran memiliki kualitas yang baik dan pasokannya terjamin karena Iran berada di kawasan Timur Tengah yang merupakan pusat minyak dunia. Selain itu, PT PPI juga mendistribusikan aspal Pertamina dan Shell Product Inquiry.

PIC: Titin
Phone: 0811 1015 169

Daging sapi PPI Meat adalah daging sapi halal, berkualitas, dan terjangkau. Dilaksanakan secara komersial dan terukur melalui jaringan cabang PT PPI dan outlet-outlet di seluruh Indonesia, menjadikan pendistribusian daging sapi PPI Meat dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat secara luas. PT PPI juga ikut berupaya meningkatkan kemandirian ekonomi warga asli Papua sekaligus berpartisipasi menjaga stabilitas harga daging dengan mendistribusikan PPI Meat.

PT PPI juga membuat produk turunan dari PPI Meat, yaitu bakso dan sosis. Dengan proses dan bahan yang halal dan berkualitas tentu membuat bakso dan sosis PPI enak dan bergizi. PT PPI juga mendistribusikan daging ayam melalui pengolahan atau penanganan yang baik sehingga konsumen dapat memperoleh kualitas daging yang segar.

img-bakso-01.jpg img-sosis-01.jpg

PIC: Koes
Phone: 082280065858

H2O2 (Hidrogen peroksida)

img-H2O2.jpgH2O2 adalah cairan bening, agak lebih kental daripada air, yang merupakan oksidator kuat. Sebagai bahan kimia anorganik dalam bidang industri, teknologi yang digunakan untukH2O2 adalah auto oksidasi Anthraquinone. Dengan ciri khasnya yang berbau khas keasaman dan mudah larut dalam air, dalam kondisi normal (ambient) kondisinya sangat stabil dengan laju dekomposisi kira-kira kurang dari 1% per tahun. Salah satu keunggulanH2O2 dibandingkan dengan oksidator yang lain adalah sifatnya yang ramah lingkungan karena tidak meninggalkan residu yang berbahaya. Kekuatan oksidatornya pun dapat diatur sesuai dengan kebutuhan.

Kaporit

img kaporitKaporit atau Kalsium hipoklorit adalah senyawa kimia yang memiliki rumus kimia Ca(ClO)2. Kaporit biasanya digunakan sebagai zat disinfektan air. Senyawa ini relatif stabil dan memiliki klorin bebas yang lebih banyak daripada natrium hipoklorit (cairan pemutih). Kaporit umumnya digunakan untuk sanitasi kolam renang umum dan disinfektan air minum. Kaporit juga digunakan di dapur sebagai disinfektan permukaan dan peralatan dapur. Penggunaan umum lainnya antara lain pembersih kamar mandi, semprotan disinfektan rumah tangga, algasida, herbisida, dan deterjen binatu.

Soda Ash

img-soda-ash.jpgSoda ash adalah garam natrium dari asam karbonat yang mudah larut dalam air. Soda ash murni berwarna putih, bubuk tanpa warna yang menyerap embun dari udara, punya rasa alkalin/pahit, dan membentuk larutan alkali yang kuat. Pembuatan kaca adalah salah satu kegunaan penting dalam natrium karbonat. Dapat menjadi fluks untuk silika, dengan menurunkan titik cair campuran ke sesuatu yang dapat diterima tanpa material khusus. "Soda kaca" ini mudah larut dalam air, jadi kalsium karbonat ditambah pada campuran yang belum mencair untuk menghasilkan kaca yang diproduksi tidak mudah larut dalam air. Jenis kaca ini disebut kaca soda kapur, "soda" untuk natrium karbonat dan "kapur" untuk kalsium karbonat. Dapat digunakan sebagai pelembut air dalam mencuci pakaian. Ia beradu dengan ion magnesium dan kalsium di air dan mencegahnya berikatan dengan deterjen yang sedang dipakai. Soda ash dapat dipakai untuk menghilangkan minyak, oli, dan karat anggur.

Tawas

img-tawas.jpgTawas sudah dikenal lama oleh masyarakat dan memiliki banyak manfaat. Salah satu dari sekian banyak manfaat tawas yang sudah diketahui banyak orang di antaranya sebagai pembening air keruh dengan cara memasukkan sejumlah tawas pada air yang tampak keruh sehingga lama-lama akan berubah bening, karena tawas berfungsi sebagai penangkap partikel halus dalam air dan mengubah jadi endapan. Nama lain dari tawas adalah alum yaitu senyawa kimia yang terbuat dari molekul air yang tidak berwarna dan memiliki bentuk kristal.

Berikut ini beberapa manfaat tawas serta efek samping tawas bagi kesehatan: penjernih air, penghilang bau amis, menghilangkan bau badan, bahan komestik, bahan anti api, bahan pengawet, menghambat pendarahan, obat sariawan, minyak rambut, pemutih gigi dan rambut.

Water Glass / Sodium Silicate

img-water-glass-sodium-silicate.jpgWater glass yang dipakai dalam banyak industri batik, digunakan untuk memperkuat warna jenis procion atau rhemazol. Jenis warna prosyen dan atau remasol ini, dalam dunia perbatikan, tergolong sebagai jenis pewarna reaktif.

Caustic Soda

img-caustic-soda.jpgCaustic soda merupakan bahan baku penting dan juga bahan yang digunakan dalam berbagai proses kimia di banyak industri. Industri pulp dan kertas merupakan salah satu pengguna terbesar produk caustic soda di seluruh dunia, di mana caustic soda digunakan sebagai bahan baku dalam proses pulping dan bleaching. Caustic soda juga digunakan dalam proses daur ulang kertas bekas, yaitu dalam proses “de-inking” kertas bekas, di samping juga banyak digunakan dalam proses pengolahan air.

Dalam industri tekstil, caustic soda digunakan dalam pemrosesan kapas di samping juga dalam proses pewarnaan serat sintetik seperti nilon dan polyester. Dalam industri sabun dan deterjen, caustic soda digunakan dalam reaksi saponifikasi, yaitu reaksi konversi minyak nabati menjadi sabun. Caustic soda juga digunakan dalam pembuatan surfaktan anionic yang merupakan komponen penting dalam produk deterjen maupun produk pembersih. Industri minyak dan gas bumi (migas) memanfaatkan caustic soda dalam tahap eksplorasi, produksi maupun pemrosesan minyak dan gas alam, di mana caustic soda digunakan untuk menghilangkan bau yang berasal dari hidrogen sulfida (H2S) maupun mercaptan. Dalam proses produksi aluminium, caustic soda digunakan untuk melarutkan bijih bauksit yang merupakan bahan baku dalam produksi aluminium. Dalam industri kimia, caustic soda digunakan sebagai bahan baku atau bahan kimia proses yang menghasilkan berbagai produk kimia hilir, seperti bahan plastik, obat-obatan, pelarut, kain sintetik, adesif, zat pewarna, cat, tinta, dan lain-lain. Caustic soda juga digunakan secara luas untuk menetralisasi limbah yang bersifat asam dan juga untuk menyerap komponen dalam gas buang yang bersifat asam.

Contoh aplikasi caustic soda yang digunakan dalam jumlah kecil di antaranya produk pembersih rumah tangga, pembersih botol minuman, pembuatan sabun skala kecil, dan lain-lain.

PIC: Koes
Phone: 082280065858

T.E.A (Triethanolamine)

img-triethanolamine.jpgTriethanolamine digunakan terutama sebagai emulsifier dan surfaktan. Ini adalah bahan umum dalam formulasi yang digunakan untuk kedua produk industri dan konsumen. Trietanolamina yang menetralkan asam lemak, menyesuaikan dan buffer pH, dan solubilises minyak dan bahan-bahan lain yang tidak benar-benar larut dalam air. Beberapa produk yang umum di mana trietanolamin ditemukan adalah deterjen cair laundry, cairan pencuci piring, pembersih umum, pembersih tangan, poles, cairan logam, cat, krim cukur dan tinta cetak.

Sodium Saccharine

img-sodium-saccharin.jpgSodium saccharin atau Sakarin sebagai pemanis buatan biasanya dalam bentuk garam berupa kalsium, kalium, dan natrium sakarin dengan rumus kimia (C14H8CaN2O6S2.3H2O), (C7H4KNO3S.2H2O), dan (C7H4NaNO3S.2H2O). Secara umum, garam sakarin berbentuk kristal putih, tidak berbau atau berbau aromatik lemah, dan mudah larut dalam air, serta berasa manis. Sakarin memiliki tingkat kemanisan relatif sebesar 200 kali tingkat kemanisan sukrosa dengan tanpa nilai kalori. Kombinasi penggunaannya dengan pemanis buatan rendah kalori lainnya bersifat sinergis.

Brass Salt

img-brass-salt.jpgBrass salt digunakan pada industri elektroplating untuk dapat menghasilkan endapan kuning keemasan. Dapat digunakan baik hangat atau dingin, disarankan beroperasi dalam kondisi hangat karena dapat menghasilkan kuningan dengan lebih baik dibanding dingin. Deposit diperoleh biasanya warna kuning keemasan tetapi setiap warna dari kuning pucat kemerahan emas mungkin diperoleh dari proses pencelupan yang sama dengan memvariasikan suhu dan kerapatan arus.

Cooper Cyanide

img-copper-cyanide.jpgCopper cyanide atau Tembaga (I) sianida adalah senyawa anorganik dengan rumus CuCN. Padatan putih ini terjadi dalam dua polimorf. Sampel yang tidak murni bisa berwarna hijau karena adanya kotoran Cu (II). Senyawa ini berguna sebagai katalis, dalam elektroplating tembaga, dan sebagai reagen dalam penyusunan nitril.

Sianida keperakan tersedia secara komersial dan disuplai sebagai polimorf suhu rendah. Hal ini dapat disiapkan dengan pengurangan tembaga (II) sulfat dengan natrium bisulfit pada suhu 60° C, diikuti dengan penambahan natrium sianida untuk mengendapkan LT-CuCN murni sebagai bubuk kuning pucat.

Produk Merck (Analisa Laboratorium)

img-merck.jpgPT Merck Tbk merupakan perusahaan multinasional yang bergerak di bidang farmasi dan kimia di Indonesia. Di bidang farmasi, mereka memproduksi dan menjual merek-merek farmasi ternama seperti Neurobion®, Sangobion® dan Glucophage® dengan fasilitas bersertifikat cGMP. Pada bidang kimia, Merck memasarkan berbagai jenis bahan kimia, zat warna, serta berbagai spesialisasi kimia lainnya.

Boric Acid

img-boric-acid.jpgAsam borat (boric acid) merupakan senyawa kimia yang mudah larut dalam air. Asam borat telah digunakan sejak tahun 1600-an, ketika ahli kimia menghasilkan senyawa ini dengan mereaksikan borat dengan asam sulfat.

Berbagai macam industri menggunakan Boric acid yang dianggap memiliki toksisitas yang relatif rendah. Bermacam produk yang mengandung Boric Acid juga dapat ditemukan di pasaran, mulai dari insektisida hingga kosmetik.

Boric acid dapat digunakan untuk berbagai proses industri seperti mengolah kayu, membuat berbagai material tahan api, membuat semen, dan menciptakan reaksi terkontrol pada pembangkit listrik tenaga nuklir. Boric Acid juga merupakan pengawet dan pengering (penyerap kelembaban) yang baik.

Boric acid memiliki pula sejumlah manfaat pengobatan. Senyawa ini bekerja sebagai antiseptik ringan dan efektif mengobati beberapa kondisi kulit seperti jerawat dan ruam ringan. Boric acid umum digunakan untuk mengatasi infeksi jamur dan dalam bentuk encer dimanfaatkan sebagai obat cuci mata.

Paraformaldehyde

img-paraformaldehyde.jpgParaformaldehyde adalah polioksimetilen terkecil, produk polimerisasi formalin dengan tingkat khas polimerisasi 8-100 unit. Paraformaldehyde umumnya memiliki sedikit bau formalin karena dekomposisi.

Thiourea

img-thiourea.jpgThiourea merupakan senyawa organik yang mirip dengan urea, kecuali 1 atom oksigennya diganti dengan atom sulfur. Thiourea terdapat dalam 2 jenis, yaitu thiourea oksida dan thiourea sulfide. Adapun jenis thiourea yang berfungsi melarutkan emas adalah thiourea sulfide, atau sering disebut dengan nama thiocarbamide.

Thiourea merupakan salah satu solusi pelarut emas pengganti sianida, karena sifat senyawa kimia ini yang tak beracun. Pada beberapa negara yang telah melarang pemakaian sianida, penggunaan thiourea telah mulai massif dilakukan. Emas dengan thiourea membentuk larutan kompleks, di mana emas thiourea merupakan kation kompleks, namun berbeda dengan senyawa kompleks emas lainnya (emas sianida, emas thiosulfat, dan tertakloroaurat yang membentuk anion).

Salicylic Acid

img-salicylic-acid.jpgSalicylic acid merupakan salah satu zat kimia yang terbuat dari karbohidrat kompleks pada pohon dedalu. Asal mula nama zat ini sendiri, diambil dari nama latin pohon dedalu, yaitu Salix. Biasanya, zat ini sering dijumpai pada aspirin sebagai pereda nyeri. Namun, kandungan ini juga sering kali digunakan dalam sabun wajah untuk kulit berjerawat karena dapat membantu memperbaiki regenerasi sel pada kulit.

PIC: Koes
Phone: 082280065858

Sodium Cyanide

img-sodium-cyanide.jpgBahan kimia ini merupakan salah satu jenis bahan kimia berbahaya yang biasa digunakan dalam pertanian, fotografi, industri logam, dan lain-lain. Penggunaannya juga untuk pengolahan mineral untuk memulihkan emas, tembaga, seng, dan perak yang mewakili sekitar 13 persen dari konsumsi secara global dengan 87 persen sisa yang digunakan dalam proses industri lainnya, seperti plastik perekat dan pestisida dalam dunia pertambangan, yang sangat penting karena merupakan bahan kimia industri yang amat berguna dan peran kuncinya dalam industri pertambangan.

M.D.E.A (Methyldiethanolamine)

img-MDEA.jpgMethyldiethanolamine adalah cairan kuning jernih, tidak berwarna atau pucat dengan bau amonia. zat ini larut dengan air, alkohol, dan benzena. Methyl diethanolamine juga dikenal sebagai N-metil dietanolamin dan lebih umum sebagai MDEA, yang memiliki rumus CH3N (C2H4OH) 2. MDEA adalah amina tersier dan secara luas digunakan sebagai bahan pemanis dalam kimia, kilang minyak, produksi syngas dan gas alam.

PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero)
PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero)
GRAHA PPI, Jl. Abdul Muis No.8,
Jakarta Pusat, DKI Jakarta, 10160,
Indonesia
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Phone: +6221 3862141
Fax: +62 21 3862143