Adobe Post 20201028 2047420.4307031647332671

 
PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) melaksanakan webinar dengan tema Unleash Talent: Human Capital Engineering with Pay Performance 2020.
 
Hadir melalui link zoom webinar sebagai keynote speakers 
 
Deputi Bidang SDM, Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN Alex Denni, Senior Lecturer SBM ITB John Welly, dan Direktur Keuangan, SDM dan Umum Bapak Kindy Rinaldy Syahrir, menjadi narasumber dalam acara tersebut. 
 
Unleashing talent merupakan salah satu prioritas Kementerian BUMN, di samping yang lainnya seperti Economic and Social Value for Indonesia, Business Model Innovation, Technology Leadership, dan Energize Investment.  
 
Redefinisi peran Kementerian BUMN dalam transformasi Human Capital adalah sebagai strategic architecture, di mana core value seluruh BUMN digodok dan setelah firm yang kemudian di-deploy ke BUMN-BUMN. 
 
Arsitektur Human Capital terdiri dari 7 elemen, di antaranya adalah core value dan Employer Value Proposition (EVP) & employer branding. Core value tersebut adalah strategi penyelarasan BUMN karena adanya perbedaan kemampuan BUMN yanh emiliki gap yang tinggi: core value AKHLAK memberikan panduan keseragaman platform.
 
“Selain core value AKHLAK, EVP berperan sebagai Human Capital Architecture untuk belajar, btumbuh, dan berkontribusi untuk Indonesia. EVP ini sebagai titik temu ekspektasi karyawan dan komitmen perusahaan & ekspektasi perusahaan dan Komitmen Karyawan, “ ujar Alex Denni. 
 
BUMN harus terus berkolaborasi, baik dengan BUMN maupun swasta untuk membangun bangsa dan negara ini. Pembentukan holding-holding BUMN menjadikan BUMN bisa melakukan transformasi lebih cepat.
 
Sementara itu John Welly, Senior Lecturer SBM ITB, menyampaikan bahwa dalam tantangan masa depan, perlu talented people untuk eksploitasi dan eksplorasi lingkungan strategis yang berubah. Perlu talented people yang dapat create value, misalnya melalui transformational leader, adaptive leader, visionary, platform leader, dan leadership pipeline yang harus disiapkan.
 
“Leapfrog transformasi SDM telah kami canangkan, yang merupakan bentuk strategi kami dalam meningkatkan kinerja menuju perusahaan yang kompetitif dan berkinerja unggul. 
 
Pengembangan talenta yang merupakan salah satu prioritas program Kementerian BUMN, kami internalisasikan dalam Program transformasi SDM menjadi Human Capital di antranya dengan kebijakan pay performance, sistem manajemen kinerja berbasis AKHLAK/Simak AKHLAK, grading jabatan. 
 
Diharapkan ke depannya, PPI dapat mewujudkan talenta-talenta yang unggul bagi perusahaan, BUMN, dan untuk Indonesia," pungkas Kindy 
 
“Bukti manajemen @PPIPersero konsentrasi pada program transformasi ini adalah dengan dilakukannya kebijakan HCM yang baru, antara lain: Pay Performance, Sistem Manajemen Kinerja berbasis AKHLAK/Simak AKHLAK, dan grading jabatan.
 
Tahapan-tahapan yang telah dilakukan dalam bertransformasi ini tentu saja untuk mendukung peran PPI salah satunya di Holding Pangan. Kesiapan dan kesigapan PPI adalah bukti respon yang cepat dan nyata untuk menghadapi segala bentuk perubahan dengan menyiapkan berbagai pengembangan Human Resources yang sifatnya future readiness, sehingga perusahaan dapat melahirkan PPI yang lebih baik, PPI yang dapat melahirkan talenta-talenta yang unggul bagi perusahaan, BUMN dan untuk Indonesia,” pungkas Kindy.