Loading...

header informasi

HIPMI

 

PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) bersama Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI) siap mengekspor produk usaha, mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang dibuat langsung oleh produsen di setiap daerah.

@PPIPersero terus meningkatkan kemitraan dengan pelaku usaha seperti petani dan nelayan untuk mendukung percepatan ekspor.

HIPMI memang berkomitmen untuk membantu program ekspor produk UMKM dari setiap daerah dan perlu ada kajian untuk memastikan keaslian produk UMKM yang akan dibantu ekspornya.

Misalnya, kelompok tani di Garut minta benih atau bibit dari luar negeri untuk ditanam di Indonesia agar memiliki cita rasa yang enak seperti di Indonesia. Dengan demikian, hasil dari benih atau bibit tersebut akan diekspor ke negara yang bersangkutan.

Program kemitraan dengan UMKM, petani, dan nelayan juga merupakan strategi @PPIPersero dalam menyerap produk UMKM, terutama untuk pasar ekspor. Kemitraan dengan UMKM, petani, dan nelayan merupakan pola sumber suplai dalam percepatan ekspor @PPIPersero.

"Salah satu kemitraan itu ditunjukkan dengan berhasilnya ekspor kopi dan bawang merah produk UMKM mitra @PPIPersero beberapa kali ke Mesir, Taiwan, dan Cina. Selain itu, @PPIPersero juga membidik peluang ekspor pupuk yang mempunyai jaringan distribusi. Komoditi kopi dari berbagai petani kopi di seluruh Indonesia sudah beberapa kali diekspor dan mendatang segera akan di re-ekspor.

Untuk produk hortikulutura, @PPIPersero saat ini dalam persiapan pola tanam sebagai offtaker hasil petani Garut, untuk rencana ekspor ke Singapura dan negara Asia lainnya. Tuna dan hasil ikan lautnya pun merupakan hasil nelayan yang telah diekspor @PPIPersero pada awal tahun ini.

 Covid Ranger PT PPI Beraksi Serahkan Bantuan APD dan Paket Pangan Tahap Ketiga

 

PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) menyerahkan bantuan berupa alat pelindung diri (APD) dan paket pangan kepada RSUD Kota Bekasi, Kamis (2/7/2020). Bantuan tersebut merupakan bentuk dukungan karena sangat dibutuhkan oleh para tenaga medis yang mengobati dan merawat pasien Covid-19.

"Sebagai rasa empati sosial untuk para tenaga medis dalam berjuang melayani pasien Covid-19, PT PPI memberikan bantuan APD dan paket pangan tahap ketiga ini ke rumah sakit di wilayah Bekasi, yang sampai saat ini masih termasuk dalam zona merah, setelah sebelumnya juga menyerahkan ke rumah sakit di Jakarta dan Depok," ujar Corporate Secretary PT PPI, Syailendra, Kamis (2/7/2020).

Bantuan yang diserahkan PT PPI tersebut yakni APD coverrall suit yang terdiri dari baju pelindung standar medis, masker, faceshield, dan sarung tangan, sebanyak 200 set. Syailendra mengatakan, setelah penyerahan bantuan hari ini, PT PPI berencana untuk kembali mengirimkan bantuan APD ke rumah sakit lainnya.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada RSUD Kota Bekasi karena telah menerima bantuan dan berkenan membantu dalam mendistribusikan kepada para tenaga medis. Insya Allah dalam waktu dekat ini, PT PPI masih akan memberikan dukungan APD beserta paket pangan," pungkas Syailendra.

Paket pangan yang diberikan adalah produk-produk milik PT PPI seperti Beras Panganesia, Minyak Goreng Panganesia, Sarden Kiku, dan lain-lain.
Penyaluran ini adalah bukti keseriusan PT PPI membantu pemerintah dalam masa pandemi Covid-19.

PT PPI juga membentuk Covid Ranger yang terdiri dari karyawan Kantor Pusat dan Kantor Cabang, yang selama ini terus berkoordinasi dengan Kementerian BUMN, khususnya bersinergi dengan BUMN Klaster Pupuk dan Pangan terhadap program persiapan The New Normal dengan membuat timeline bersama hingga Desember 2020, berkontribusi terhadap pengembangan aplikasi COSMIC dan Peduli Lindungi dalam bentuk dukungan kepada akselerasi pelaksanaan protokol The New Normal Kementerian BUMN, serta bersinergi dengan rumah sakit BUMN untuk mendukung kegiatan kesehatan di PPI.

Covid Ranger PPI juga menginisiasi sistem pemantauan kesehatan karyawan (termasuk keluarganya), menginisiasi pelaksanakan rapid test, terus menggalakan kegiatan olahraga, melengkapi sarana dan prasarana yang dibutuhkan di kantor seperti APD, faceshield, sarung tangan, membuka klinik siaga, menginisiasi penyemprotan disinfektan di lingkungan sekitar kantor, dan menyediaan handsanitizer, pemberian vitamin, serta sosialisasi dan kampanye #CovidSafeBUMN.

BAKSO

Sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) memiliki kontribusi sebesar 60,3% dari total produk domestik bruto (PDB) Indonesia. Apalagi dengan jumlah UMKM yang kini mencapai 64,2 juta unit itu, sendi utama perekonomian nasional itu mampu menyerap 97% dari total tenaga kerja dan 99% dari total lapangan kerja. Di masa transisi paska pandemik Covid-19 diperlukan banyak dukungan agar sektor UMKM kembali mengeliat.

Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL) adalah bentuk tanggung jawab Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kepada masyarakat. Seperti yang kita tahu, BUMN tidak hanya mengejar keuntungan melainkan turut aktif memberikan bimbingan dan bantuan kepada pengusaha golongan ekonomi lemah, koperasi, dan masyarakat.

Penerapan program tersebut merupakan salah satu bentuk implementasi dari konsep tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance).

 

Gudeg 2

Untuk membangun dan memelihara rasa saling percaya antara pemangku jabatan dan masyarakat, seperti tahun-tahun sebelumnya, secara sistematis PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) terus melaksanakan program tersebut yang diimplementasikan melalui serangkaian kegiatan.

Tujuan pembinaan yang dilakukan PT PPI adalah untuk meningkatkan kinerja Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM), serta mempersiapkan dalam menghadapi persaingan usaha dengan kompetitor lainnya.

Bentuk pembinaannya antara lain pembinaan manajemen usaha, pendampingan lapangan (supervisi), dan bantuan modal. Pelaksanaan pembinaan melalui dua tahap kegiatan yaitu, pelatihan manajemen usaha dan supervisi (pembinaan lapangan). Dari sana PT PPI melihat sejauh mana pelaksanaan program mempunyai nilai kemanfaatan terhadap peserta dan lalu melakukan monitoring dan evaluasi melalui lima kegiatan manajemen usaha, yaitu sumber daya manusia, manajemen produksi, administrasi keuangan, pemasaran, serta motivasi dan rencana usaha. Monitoring dan evaluasi dilakukan terhadap mitra UKM, melalui kegiatan supervisi.

Manfaat pembinaan yang diberikan, ditunjukkan pada keberhasilan dan peningkatan usaha yang diamati melalui kegiatan monitoring, evaluasi, dan supervisi. Hasil pembinaan menunjukkan bahwa manfaat Program Kemitraan selain memberikan pinjaman, juga memberikan wawasan bisnis dan motivasi usaha yang disampaikan secara kontinyu melalui supervisi yang dilakukan. Dari supervisi selanjutnya, terlihat adanya kemajuan yang berarti dalam pengelolaan usaha, wawasan bisnis mitra binaan, dan tentunya omzet bisnis.

Semua hal yang dilakukan tentulah dilaksanakan secara maksimal sesuai kemampuan, dan diupayakan untuk mendorong perekonomian, khususnya meningkatkan kemampuan ekonomi yang masih rendah.

 

 

 

ISO PPI

 

Adobe Post 20200625 1816150.9621971812139046

LOGO PPI HIGH RESOLUTION

 
Sehubungan dengan pemberitaan majalah tempo terbit tanggal 30 Mei 2020 perihal persoalan impor daging pada tahun 2016 silam, kami sampaikan bahwa pihak-pihak yang terlibat atas persoalan impor daging pada tahun 2016, tidak lagi menjabat di perusahaan. Perusahaan mengikuti prosedur yang berlaku dan sangat kooperatif untuk apapun yang dibutuhkan pihak berwajib agar persoalan ini dapat diperiksa dalam tingkat penyelidikan maupun nantinya jika sampai pada tingkat penyidikan dapat mengungkapkan fakta-fakta yang sebenarnya.
 
PT PPI sangat menjunjung tinggi keterbukaan informasi dan memastikan akan terus menjalankan proses bisnis berdasarkan prinsip good corporate governance (GCG) dalam meningkatkan kinerja perusahaan demi mewujudkan tujuan dan cita-cita perusahaan dalam menstabilkan harga dan menjadi pendukung perekonomian bangsa.
 
PT PPI sebagai salah satu BUMN yang bergerak di bidang ekspor, impor, dan distribusi, saat ini fokus pada penjualan komoditi reguler seperti perdagangan pupuk dan pestisida, farmasi dan alat kesehatan, produk konsumsi, bahan bangunan dan alat-alat pertanian. Adapun komoditi nonreguler yang saat ini sedang berjalan adalah importasi gula yang akan mengisi pasokan kebutuhan gula di seluruh wilayah Indonesia.
 
 
 
 
Sekretariat Perusahaan
Graha PPI, Jl. Abdul Muis No.8 Jakarta 10160
Telp: 021-3862141/42 Fax: 021-3862143/44
Sekretaris Perusahaan: Syailendra (085888213867)
www.ptppi.co.id

 FB The New Normal

 

PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero)/PT PPI telah merilis Pedoman Tata Laksana Protokol untuk menunjukkan kesiapan perusahaan dalam menghadapi era The New Normal demi memperkuat dan terus menjaga proses bisnis agar dapat berlangsung dengan baik.

"Dalam protokol The New Normal PT PPI, perusahaan fokus pada pengelolaan Sumber Daya Manusia, Pengelolaan Operasional Perusahaan, dan Pengelolaan Aktifitas Bisnis. Komitmen perusahaan dalam pelaksanaan The New Normal PT PPI yakni menjaga arus manusia, arus barang dari hulu hingga hilir, arus dokumen, arus distribusi, dan arus uang," ujar Direktur Utama PT PPI, Fasika Khaerul Zaman, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta (28/06/20).

Menurut Fasika, setiap fase tentu dilakukan dengan meminimalisasi kontak fisik dan mengutamakan teknologi, sehingga PT PPI menjamin setiap proses bisnis dilakukan sesuai protokol The New Normal. Upaya tersebut dilakukan PT PPI sebagai bentuk dukungan terhadap langkah-langkah strategis pemerintah dan bisnis dalam menanggulangi pandemi Covid-19.

Melalui Keputusan Direksi PT PPI tentang Pembentukan Tim Task Force The New Normal PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero), manajemen perusahaan bergerak cepat dalam penyusunan SOP Protokol The New Normal untuk mempertahankan produktivitas kerja dalam menyongsong fase baru, juga meningkatkan penerapan dan efisiensi kerja dengan memanfaatkan teknologi dalam berbagai operasional kegiatan perusahaan.

Dalam masa pandemi dan dalam menyongsong era baru ini, perusahaan merujuk pada Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2020, tanggal 13 April 2020 tentang Penetapan Bencana Non Alam Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) sebagai Bencana Nasional, juga Surat Menteri BUMN Nomor: S-336/MBU/05/2020, tanggal 15 Mei 2020 tentang Antisipasi Skenario The New Normal Badan Usaha Milik Negara; serta Protokol Pencegahan Penularan Corona Virus Disease (Covid-19) di Tempat Kerja Sektor Jasa Dan Perdagangan (Area Publik) Dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha sesuai Surat Edaran Menteri Kesehatan.

The New Normal adalah sebuah tatanan kehidupan baru untuk berdamai dengan Covid-19 hingga ditemukannya vaksin yang efektif untuk menanggulangi virus tersebut. Yang harus dilakukan adalah dengan menerapkan protokol kesehatan dan menyesuaikan pola hidup baru dengan aktivitas harian agar tetap produktif dan bugar.
PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) telah merilis Pedoman Tata Laksana Protokol untuk menunjukkan kesiapan perusahaan dalam menghadapi era The New Normal yang fokus pada pengelolaan Sumber Daya Manusia, Pengelolaan Operasional Perusahaan, dan Pengelolaan Aktifitas Bisnis. ㅤㅤ
ㅤㅤ
Setiap fase dilakukan dengan meminimalisasi kontak fisik dan mengutamakan teknologi, sehingga PT PPI menjamin setiap proses bisnis dilakukan sesuai protokol The New Normal. ㅤㅤ
ㅤㅤ
Upaya tersebut dilakukan PT PPI sebagai bentuk dukungan terhadap langkah-langkah strategis pemerintah dan bisnis dalam menanggulangi pandemi Covid-19. ㅤㅤ
ㅤㅤ
Manajemen bergerak cepat untuk mempertahankan produktivitas kerja dalam menyongsong fase baru, juga meningkatkan penerapan dan efisiensi kerja dengan memanfaatkan teknologi dalam berbagai operasional kegiatan perusahaan.

The New Normal adalah sebuah tatanan kehidupan baru untuk berdamai dengan Covid-19 hingga ditemukannya vaksin yang efektif untuk menanggulangi virus tersebut. Yang harus dilakukan adalah menerapkan protokol kesehatan dan menyesuaikan pola hidup baru dengan aktivitas harian agar tetap produktif dan bugar.

PT PPI meningkatkan penerapan dan efisiensi kerja dengan memanfaatkan teknologi dalam mendukung berbagai operasional kegiatan perusahaan. Setiap pegawai diwajibkan untuk melakukan update pekerjaan melalui platform online dengan aplikasi internal berupa Open Project, sehingga setiap detail pekerjaan tidak mengalami hambatan dengan pembagian shift kerja berdasarkan pengaturan jadwal work from home (WFH) dan work from office (WFO). ㅤㅤ
Sebagai BUMN klaser Pangan yang bergerak pada bidang perdagangan ekspor, impor, dan distribusi, PT PPI memanfaatkan database supplier untuk terus memenuhi kebutuhan stok dan mendukung layanan pengaplikasian transaksi pembayaran menggunakan sistem online dan otorisasi secara digital guna mengurangi penggunaan kertas dan uang tunai. ㅤㅤ
ㅤㅤ
PT PPI memastikan kegiatan operasional perusahaan patuh mengikuti protokol dan ketentuan yang berlaku, sehingga aktivitas operasi pasar, jual beli, dan pendistribusian barang dapat berjalan secara optimal.

Ekpor Ikan Taiwan

 

Indonesia memiliki sekitar 17.500 pulau, bergaris pantai sepanjang 81.000 km. Sekitar 62% luas wilayah Indonesia adalah laut dan perairan, hal ini dikonfirmasi dari data KKP, luas wilayah daratan sebesar 1,91 juta km2 sedangkan luas wilayah perairan mencapai 6,32 juta km2.

Data Kementerian Kelautan dan Perikanan sesuai dengan Kepmen KP No. 50/Kepmen-KP/2017, menyebutkan potensi lestari sumber daya ikan laut Indonesia diperkirakan sebesar 12,54 juta ton per tahun. Potensi itu tersebar di perairan wilayah Indonesia dan perairan ZEE.

Dengan lanskap seperti itu, tak pelak Indonesia memiliki potensi kekayaan sumber daya laut yang luar biasa, khususnya di sektor perikanan. Menurut data Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, nilai ekspor hasil perikanan Indonesia memperlihatkan peningkatan di setiap tahunnya.

Pada 2019, nilai ekspor hasil perikanan Indonesia mencapai Rp73.681.883.000 di mana nilai tersebut meningkat sebesar 10,8% dibandingkan dengan periode tahun 2018 yaitu senilai Rp66.487.580.000.

Melihat fakta-fakta di atas, PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) dalam fungsinya sebagai BUMN trading, ikut ambil bagian dan menjadi pintu gerbang produk-produk ekspor nasional ke mancanegara. PT PPI kembali berhasil l melakukan ekspor ikan laut, kali ini ke Taiwan, untuk terus mengembangkan pangsa pasar internasional dan tidak menyurutkan kesempatan dan niat PT PPI di masa pandemi ini untuk meningkatkan nilai transaksi ekspornya.

 

IMG 20200513 WA0037 01
 
Melalui koordinasi dengan Dinas Kesehatan DKI Jakarta, PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) secara aktif menyalurkan bantuan berupa Alat Pelindung Diri (APD) yang terdiri dari Coverall Suit Reusable beserta masker anti bakteri dan sarung tangan untuk tenaga medis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarakan (13/05/20).
 
Tingginya permintaan APD di setiap Rumah Sakit membuat PT PPI turun tangan membantu menyediakan APD untuk tenaga medis yang berjuang melawan Covid-19. RSUD Tarakan menjadi rekomendasi rumah sakit dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta untuk menerima APD dari PT PPI. 
 
Kegiatan penyaluran APD ini adalah bantuan tahap pertama yang dilakukan PT PPI dalam menanggulangi pandemi Covid-19 berdasarkan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan Perusahaan.
 
“Penyaluran APD ke RSUD Tarakan ini adalah bantuan APD tahap pertama yang kami salurkan. Selanjutnya kami akan siapkan untuk kebutuhan APD ke RS lainnya. Seperti yang kita ketahui, tim medis menjadi garda terdepan yang secara langsung berhadapan dengan pasien Covid-19,” jelas Syailendra, Corporate Secretary PT PPI.
 
Sebagai kontribusi PT PPI, penyaluran APD ini diharapkan dapat membantu dan memenuhi kebutuhan alat perlindungan diri bagi tim medis yang bertugas dalam mengentaskan pandemi saat ini.

PPI Salurkan CSR Bahan Baku Dapur Umum DKI Jakarta

 

Guna membantu masyarakat memenuhi kebutuhan makanan selama PSBB, DPR RI menginisiasi pembentukan sinergi dapur umum di wilayah DKI Jakarta dengan menggandeng Kementerian BUMN sebagai penanggung jawab dan penyedia kebutuhan bahan baku. Dapur Umum yang dibentuk sejak 4 Mei 2020 hingga empat belas hari ke depan tersebut akan menjadi wadah penyelenggaraan pengolahan makanan bagi warga yang terdampak Covid-19.

Dapur umum telah dibentuk di lima wilayah DKI Jakarta, di antaranya Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Utara, dan Jakarta Selatan yang masing-masing memiliki dua posko di satu wilayah, dengan total 10 dapur umum.

PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) yang tergabung dalam satuan tugas bencana DKI Jakarta yang dibentuk oleh Kementerian BUMN, aktif menyalurkan bantuan dalam program corporate social responsibility (CSR) untuk terus melayani masyarakat dengan baik.

PT PPI (Persero) bersama ASDP, Pelindo II, dan Djakarta Lloyd, bertanggung jawab untuk menyediakan kebutuhan bahan baku di wilayah Jakarta Utara II yang terdiri dari 16 RW di Kelurahan Kebon Bawang, Tanjung Priok, agar terpenuhi dengan baik. Setiap hari disediakan 2000 bungkus makanan untuk berbuka bagi masyarakat di wilayah sekitar.

Mekanisme penyaluranya, makanan yang telah siap saji akan diantar kepada Ketua RW. Oleh Ketua RW, makanan akan dibagikan kepada masyarakat untuk meniadakan terjadinya pengumpulan massa. Kami memastikan makanan yang dikonsumsi akan sesuai dengan standar gizi dan beragam menu,” jelas Syailendra, Corporate Secretary PT PPI dalam release-nya, Senin (11/5).

Upaya dan kesiapan dalam kegiatan dapur umum ini diharapkan menjadi sebuah bukti nyata Kementerian BUMN dan sinergitas BUMN dalam misi percepatan, pengentasan, dan penanggulangan Covid-19.

Kita semua mengharapkan pandemi ini segera berlalu. Langkah-langkah seperti yang disebutkan di atas, kami harap dapat meringankan masyarakat yang terdampak situasi ekonomi yang melemah. Tentu tidak berlebihan apabila kita terus menggaungkan pola hidup bersih dari setiap individu dan lingkungan masyarakat, mengikuti semua anjuran pemerintah dengan tetap tinggal di rumah, tidak mudik dulu apabila sayang keluarga di kampung halaman," pungkas Syailendra.

PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero)
PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero)
GRAHA PPI, Jl. Abdul Muis No.8,
Jakarta Pusat, DKI Jakarta, 10160,
Indonesia
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Phone: +6221 3862141
Fax: +62 21 3862143