ISO PPI 

 

Jakarta (ANTARA) - PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) atau PPI berkomitmen mewujudkan tata kelola korporasi yang bersih atau good corporate governance (GCG) melalui penerapan Sertifikasi ISO 37001:2016 tentang Sistem Manajemen Anti Suap (SMAP).

"PPI sangat peduli terhadap proses Sertifikasi ISO Anti Suap ini. PPI sebagai perusahaan perdagangan meminimalisasi risiko bisnis dan memberikan kenyamanan terhadap rekan bisnis dalam bertransaksi," ujar Direktur Operasional PPI Anton Mart Irianto dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.

Selain itu Anton juga menambahkan bahwa untuk tahap pertama, PPI mendorong penerapan manajemen anti penyuapan di lingkungan divisi pengadaan.

Hal tersebut merupakan langkah pertama dalam proses sertifikasi. Selanjutnya manajemen akan terus mengembangkan proses sertifikasi ISO Anti Suap ini secara korporasi di seluruh lingkungan kerja PPI kantor pusat dan cabang.

Langkah ini bukan tanpa alasan mengingat PPI sebagai BUMN perdagangan ekspor, impor, dan distribusi, berkaitan dengan proses pengadaan merupakan hal krusial dalam proses selanjutnya yaitu perdagangan itu sendiri.

Dengan demikian isu perusahaan ini tidak bisa ditampik tentu besar di proses tersebut. PPI sendiri bersiap menuju trusted trading company dalam rangka menuju ekonomi global yang mumpuni.

Kementerian BUMN berkomitmen untuk mewujudkan tata kelola yang bersih di tubuh Badan Usaha Milik Negara melalui penerapan Standar Manajemen Mutu ISO 37001:2016 tentang Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP), yang merupakan tindak lanjut surat Menteri BUMN Nomor: S-35/MBU/02/2020 guna melaksanakan Peraturan Presiden No. 54 Tahun 2018 tentang Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas PK).

Proses Sertifikasi ISO 37001 ini mulai dilakukan PPI pada April 2020, dengan ruang lingkup dimulai dari peluncuran, gap analysis, pelatihan, pengembangan sistem, implementasi sistem, audit internal, tinjauan manajemen, tinjauan fungsi Kepatuhan dan Audit Sertifikasi.

Pelaksanaan hal tersebut juga senada dengan core value BUMN yatu Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif (AKHLAK).

 

Sumber: https://www.antaranews.com/berita/1592190/wujudkan-tata-kelola-korporasi-bersih-ppi-terapkan-sistem-anti-suap