PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) menjadi konsolidator untuk mewadahi produk UMKM yang bisa diekspor. Konsolidator ini akan menjadi ujung tombak promosi sekaligus pencari jalan untuk proses ekspor.

Guna memacu ekspor dari kelompok usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), pemerintah mendorong keberadaan Pusat Logistik Berikat (PLB) khusus dagang elektronik (dagang-el) di luar negeri. Selama ini UMKM memang kesulitan dalam mengekspor barangnya. Selain terkait proses promosi dan pemasaran, proses pengiriman barang juga acap kali menjadi kendala bagi para eksportir.

Para konsolidator akan membantu mengumpulkan barang produksi UMKM melalui PLB khusus dagang-el di Indonesia. Selanjutnya, perusahaan pengelola PLB dagang-el di Indonesia tersebut akan mencari mitra perusahaan PLB di negara tujuan untuk mempermudah proses ekspor produk UMKM Indonesia. Nanti Direktorat Bea dan Cukai akan membantu keberadaan PLB untuk di Indonesia yang bisa menyediakan jalur pengiriman ke PLB di negara tujuan.

Ke depannya dalam pengelolaannya dibutuhkan program strategis dalam mendukung pertumbuhan ekosistem perdagangan melalui sistem dagang-el ini, di antaranya pendampingan dan pengembangan manajemen usaha, digital branding dan pemasaran, pelatihan ekspor secara daring, serta program fasilitator edukasi dagang-el untuk melatih "local heroes go global".