Loading...

header informasi

header all

erp 1

 

ERP adalah sebuah sistem informasi perusahaan yang dirancang untuk mengoordinasikan semua sumber daya, informasi dan aktifitas yang diperlukan untuk proses bisnis lengkap. Sistem ERP didasarkan pada database pada umumnya dan rancangan perangkat lunak modular. ERP merupakan software yang mengintegrasikan semua departemen dan fungsi suatu perusahaan ke dalam satu sistem komputer yang dapat melayani semua kebutuhan perusahaan, baik dari departemen penjualan, HRD, produksi atau keuangan.

Sebelum adanya sistem ERP, PPI menggunakan Accurate atau sistem aplikasi akutansi yang belum dapat terhubung satu sama lain, belum terintergritas dan juga infrastruktur di cabang belum yang memadai. Artinya infrastruktur jaringan juga belum ada. PPI sebelumnya tidak mempuyai jaringan yang secure, dan oleh karenanya dibutuhkan VPN atau Virtual Private Network yang merupakan jaringan yang declared secara secure, berguna untuk menghubungkan antara cabang dan pusat.

Proses Go LIVE ERP telah dilaksanakan pada tanggal 26 Juni 2016 lalu, ditandai dengan penyerahan User Manual dari PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk yang pada intinya sistem siap diimplementasikan di Kantor Pusar dan Cabang PPI.

Hadirnya sistem ERP ini akan mengintegrasikan seluruh kegiatan operasi bisnis PPI guna meningkatkan produktivitas sehingga mampu meningkatkan daya saing. Hal ini tercermin dalam modul-modul ERP yang digunakan oleh PPI yaitu Supply Chain Management, Finance & Accounting, Production Planning, Commercial Asset Management, Enterprise Asset Management, E-Procurement, Customer Relationship Management, dan Risk Management.

Ketika ERP diimplementasikan dalam proses bisnis perusahaan, maka semua cabang langsung dapat meng-input secara realtime dari cabang ke kantor pusat, melalui Microsoft Dinamic AX atau yang kita sebut dengan ERP.

Tahap implementasi:

 Kick off pada tanggal 22 Desember 2015

 Preparation pada tanggal 7 Januari 2016

 Analysis pada tanggal 5 Februari 2016

 Design pada tanggal 22 Februari 2016

Development pada tanggal 9 Mei 2016

Deployment pada tanggal 19 Juni 2016

Running Production pada tanggal 20 Juni 2016 dengan target 10 Cabang Regional dengan real transaksi 32 cabang pada bulan Januari 2017

 

ERP merupakan project korporasi di mana semua pegawai harus bisa menggunakan sistem ini karena nanti semua proses yang berkaitan dengan korporasi akan menggunakan sistem tersebut. Disadari bahwa kesulitan yang paling besar dari penerapan ERP adalah “People”, dibutuhkan kemauan yang besar dari seluruh pegawai untuk beradaptasi dengan perubahan sistem yang selama ini berjalan. 

Selama 40 hari sebanyak 32 orang  key user dari cabang datang ke kantor pusat PPI di Jakarta dalam rangka menyukseskan program penggunaan ERP PPI sesuai dengan arahan dari Kementrian BUMN. Sehubungan dengan Surat Tugas nomor: 091/ST/DIR.SDK/PPI/XII/2016 tanggal 1 Desember, penugasan tersebut terhitung mulai dari tanggal 6 Desember 2016 sampai dengan 13 Januari 2017.

Para key user ini diberikan pelatihan agar dapat mengimplementasikan ERP dalam pekerjaannya, diberikan kesempatan praktek langsung agar terbiasa menggunakan program ERP, dan mencoba untuk menginput transaksi melalui program Accurate untuk kebutuhan laporan keuangan yang kemudian akan digunakan sebagai saldo awal akuntansi pada ERP di tahun 2017.

Dari sini, diharapkan nanti pegawai cabang dapat mengimplementasikan ERP dalam pekerjaannya dan pegawai terbiasa dalam menggunakan ERP dan men-transfer ilmu yang didapat selapa pelatihan kepada pegawai lainnya, serta laporan keuangan 2016 dapat diselesaikan tepat waktu.

Tujuan Sentralisasi (Job Description Global) ini adalah melakukan closing dan konsolidasi laporan keuangan tahun 2016 untuk seluruh kantor cabang dan kantor pusat tidak secara manual, tetapi menggunakan software akuntansi yang terintegrasi. Training ERP secara komprehensif ini dilakukan untuk seluruh Person In Charge (PIC) Akuntansi Kantor Cabang dan Kantor Pusat. Implementasi ERP secara operasional dan terintegrasi untuk seluruh Kantor Cabang dan Kantor Pusat dengan melakukan input transaksi real time untuk satu siklus akuntansi di bulan Desember 2016 dan migrasi saldo akhir per 31 Desember 2016 dari sistem Accurate menjadi saldo awal ERP Microsoft Dinamics AX. Dilakukan juga input data di ERP untuk transaksi minggu pertama Januari 2017 untuk memastikan bahwa semua PIC cabang dan Kantor Pusat sudah mampu mengoperasionalkan ERP untuk cabangnya masing-masing dan Kantor Pusat dapat melakukan monitoring seluruh cabang.

Sedangkan secara terperinci, uraian tugas dari 32 key user terpilih di atas yaitu:

a. Mengikuti pelatihan modul ERP dan mengimplementasikan di cabang;

b. Menginput data transaksi bulan Desember 2016 dalam Microsoft Dynamics AX, di antaranya: purchase requisition, laporan penerimaan barang, sales order, packing slip, packing list, invoice atau faktur penjualan, dan ledger/cash bank.

c. Maping kode master untuk saldo awal;

d. Menginput data transaksi bulan Desember dalam Accurate;

e. Pembuatan saldo awal ERP 2017 dan finalisasi data.

 

Dari hal-hal yang dilakukan 32 key user pada awalnya ini, nantinya PPI akan lebih mudah dalam pengendalian proses bisnis, karena ERP menyajikan beragam data dari unit bisnis yang berbeda-beda secara sistematis, komprehensif, real-time, dan mudah dalam aksesnya. Di samping itu, sistem ERP juga akan memberikan wawasan yang luas kepada seorang decision-maker sehingga dapat melakukan berbagai prediksi dan pengambilan keputusan yang akurat.

ERP juga membantu sebuah perusahaan merampingkan proses bisnis PPI. Hal ini akan memastikan alur kerja dapat berjalan secara halus dan komunikasi antar departemen menjadi lebih baik. Fungsi otomatisasi dalam sistem ERP menjamin aliran informasi tersampaikan dengan jelas dan bebas dari kesalahan, sehingga proses bisnis menjadi lebih sederhana dan responsif. Best-practise yang terorganisir dalam sistem ini dapat memberikan dukungan operasional yang lebih baik dan kustomisasi yang lebih mudah.

ERP juga akan menyalurkan kepada karyawan informasi-informasi akurat yang dibutuhkan langsung kepada mereka, sehingga karyawan tidak perlu lagi membuang-buang waktu untuk mencari-cari informasi sendiri. Mereka dapat fokus pada tugas utama sehingga kualitas dan produktifitas kerja akan meningkat. Meningkatnya kemampuan dalam pengambilan keputusan dan kemudahan untuk mendapatkan data-data yang dibutuhkan akan meningkatkan kreatifitas karyawan dan memperbaiki pola kerja.

PPI juga bisa semakin padu apabila kinerja seluruh stakeholder dapat diselaraskan antara satu dengan yang lain sesuai kebutuhan masing-masing demi mencapai tujuan yang sama. Sistem ERP dapat menyatukan semua unit dalam ekosistem perusahaan: mitra bisnis, fungsi-fungsi pendukung, vendor dan pelanggan. Dan kemampuan yang baik dalam menyelaraskan beragam unit-unit dalam ekosistem tersebut dapat meningkatkan kinerja perusahaan.

Dan oleh karena apa-apa yang disebutkan di atas yang diharapkan dan diyakini pasti terwujud itu, PPI mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada 32 key user yang sudah mencurahkan waktu, tenaga dan pikirannya untuk menyukseskan program yang amat penting, tak mungkin ditunda, dan akan membuat perusahaan berkembang serta memiliki fleksibilitas untuk beradaptasi dengan kebutuhan-kebutuhan di masa depan. Integrasi, kinerja, dan alur informasi yang berjalan dengan lebih baik tentu akan meningkatkan kemampuan perusahaan dalam melakukan perencanaan dan pengendalian sehingga lebih siap menghadapi tantangan di masa yang akan datang.

 

 

 

Pada tanggal 6 Januari 2017, ditandatangani Nota Kesepahaman (MoU) antara PT Krakatau Steel (Persero) Tbk dengan PT Boma Bisma Indra (Persero) PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero), dan PT Sarinah (Persero) tentang pemenuhan kebutuhan bahan baku untuk pembuatan Alat Perkakas Pertanian. Penandatanganan tersebut disaksikan oleh Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, di Gedung Kementerian Perindustrian, Jakarta.

Melalui MoU ini, produksi alat perkakas pertanian seperti cangkul, sekop, mata garu, egrek dan dodos akan ditingkatkan dari segi kapasitas maupun kapabilitasnya.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto meminta izin impor cangkul tidak digunakan oleh importir karena Industri Kecil Menengah (IKM) alat perkakas pertanian siap memenuhi kebutuhan dalam negeri.

"Kalaupun ada izin impornya, saya minta tidak digunakan. Industri nasional siap memenuhi kebutuhan dalam negeri," kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

Airlangga menjelaskan, nantinya PT Krakatau Steel akan memproduksi bahan baku medium carbon steel berbentuk lembaran. Bahan baku itu akan dilakukan proses lanjutan oleh PT Boma Bisma Indra agar menjadi barang setengah jadi maksimal sampai dengan 75%. Barang setengah jadi itu yang nantinya akan didistribusikan oleh PT Sarinah dan PT Perusahaan Perdagangan Indonesia ke seluruh Industri Kecil dan Menengah (IKM) yang memproduksi peralatan pertanian. Airlangga berharap skema kerjasama tersebut mampu memenuhi kebutuhan cangkul di dalam negeri sebesar 10 juta unit per tahun.

Airlangga memaparkan, kebutuhan alat perkakas pertanian akan diproduksi oleh industri berskala kecil dan menengah yang tersebar dari Sabang hingga Merauke dengan jumlah 12.609 unit usaha.

"Sentra yang cukup besar terdapat di Provinsi Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera Utara dan Sumatera Selatan. Untuk kapasitas produksi cangkul dalam negeri mampu mencapai 14 juta unit per tahun," paparnya.

Berdasarkan data Kementerian Perdagangan, pada 2016 telah dilakukan impor alat perkakas pertanian non mekanik, khususnya cangkul sebesar 86.000 unit dari total kuota impor 1,5 juta unit. Sementara itu, kebutuhan cangkul nasional mencapai 10 juta unit per tahun. Dengan kapasitas produksi cangkul dalam negeri sebesar 14 juta unit per tahun, diharapkan industri dalam negeri mampu memenuhi kebutuhan cangkul nasional.

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah (IKM) Gati Wibawaningsih mengatakan, pihaknya telah melakukan pembinaan bagi IKM alat perkakas pertanian di dalam negeri melalui fasilitasi penguatan sumber daya manusia (SDM) seperti bimbingan teknis, pendampingan dan sertifikasi. Selain itu, memberikan bantuan mesin dan peralatan, peningkatan kualitas produk dan pengembangan pasar, penguatan sentra, peningkatan kemampuan UPT, serta penumbuhan wirausaha baru IKM.

"Yang jadi masalah adalah bagaimana dukungan dari produsen untuk memenuhi bahan baku. Selama ini, bahan baku yang jadi masalah," kata Gati yang juga hadir dalam penandatangan Nota Kesepahaman pemenuhan bahan baku untuk perkakas.

Menurut Gati, saat ini terdapat sekitar 12 ribu IKM di seluruh Indonesia yang menjadi produsen cangkul dan alat perkakas lainnya.

Dengan adanya pemenuhan bahan baku melalui PT Krakatau Steel, dan pendistribusian oleh     PT Sarinah dan PT Perusahaan Perdagangan Indonesia, maka pelaku IKM bisa mencari bakan baku dari perusahaan tersebut untuk diolah kembali dan menjadi alat perkakas pertanian. "Kami mengajak kepada semua pihak untuk turut mendukung dan menyukseskan keberadaan industri alat perkakas pertanian dalam negeri dengan mencintai, membeli dan memakai produk alat perkakas pertanian dalam negeri,” ujar Gati.

Agus Andiyani, Direktur Utama PT Perusahaan Perdagangan Indonesia, juga menyampaikan dua elemen penting terkait harga pacul dan ihwal IKM.

“Tadi Pak Menteri sudah sampaikan, bahwa kalaupun ada izin impor, jangan dipakai dulu. Intinya ada dua, yang pertama adalah bagaimana supaya harga pacul itu tidak mahal, dan yang kedua adalah IKM-nya hidup. Nah kalau dua-duanya sudah terpenuhi, barangkali tidak diperlukan lagi untuk impor pacul. Tadi juga temen-temen dari KS (Krakatau Steel) sudah menyampaikan bahwa, begitu cepat KS memproduksi material, maka tinggal nanti fabrikasinya dan PPI siap untuk memasarkan ke seluruh pelosok tanah air, ke 34 cabang yang siap untuk jadi material center,” pungkas Agus.

Jakarta, 29 November 2016 - Forum Humas Badan Usaha Milik Negara (FH-BUMN) dengan dukungan Kementerian BUMN kembali menggelar Pekan Olahraga dan Seni (PORSENI) BUMN 2016 mulai 21 November 2016 sampai dengan 4 Desember 2016 di Jakarta

Semangat pelaksanaan pesta olahraga dan seni insan BUMN tercermin dari logo PORSENI BUMN 2016. Logo ini dibagi dalam dua area warna. Area berwarna biru bermakna cabang olahraga, sementara area berwarna merah bermakna kesenian. Di antara kedua area tersebut, terdapat tiga garis yang berwarna merah, hijau dan biru. Ketiga garis tersebut bermakna tiga pilar PORSENI BUMN 2016 yang menyatukan semua kegiatan ini, yaitu sportivitas, kerjasama dan totalitas.

Pekan Olahraga dan Seni antar BUMN tahun ini diikuti oleh 118 kontingen BUMN Indonesia. Jumlah kontingen yang banyak, akan membuat persaingan di kompetisi ini lebih ketat. Walaupun saling bersaing, tujuan utama kompetisi ini diadakan adalah menjadi ajang silaturahim antar BUMN dan bersatu untuk menjunjung sportifitas, kerjasama dan totalitas

PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) turut serta memeriahkan pelaksanaan porseni 2016.hal ini disambut antusiasme oleh perwakilan karyawan dan direksi PT PPI (Persero)

GG.jpgpage123.jpg

Berdasarkan Berita Acara Evaluasi Dokumen Penawaran Jasa Out Sourcing PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) tanggal 30 Agustus 2016 maka dengan ini kami umumkan perusahaan yang menjadi calon pemenang pengadaan jasa Out sourcing PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero), Yaitu :

Calon Pemenang Nama Perusahaan Total Skor
Pertama PT Era Permata Sejahtera 1.62
Kedua PT Persona Prima Utama 1.14

 

Panitia mengucapkan terima kasih kepada peserta yang telah ikut berpartisipasi dalam pengadaan ini.

Demikian pengumuman ini disampaikan kepada yang berkepentingan untuk mejadi maklum.

 

Jakarta,30 Agustus 2016

Panitia Pengadaan Barang dan Jasa Bukan Barang Dagangan

PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero)

Upacara Hardiknas

PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero)

Laksanakan Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke-108 Tahun 2016


 

Berdasarkan instruksi surat Menteri Sekretaris Negara nomor  420/M.Sesneg/Set/TU.00.04/05/2016 tanggal 13 Mei 2016 perihal pelaksanaan upacara peringatan hari kebangkitan nasional ke 108. Maka PT Perusahaan Perdagangan Indonesia menggelar upacara peringatan hari kebangkitan nasional ke 108 tahun 2016 dengan tema “Mengukir Makna Kebangkitan Nasional dengan Mewujudkan Indonesia yang Bekerja Nyata, Mandiri, dan Berkarakter”." di Halaman, Gedung Toko Merah, Jakarta Kota,Jumat (20/05/16).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Direktur Utama, Dayu Padmara Rengganis. Upacara berlangsung dalam suasana khidmat dan tertib yang diikuti oleh,Dewan Komisaris,  Direksi, seluruh pegawai Kantor Pusat, dan Cabang Jakarta.

Diharapkan peringatan hari kebangkitan nasional ke 108 ini dapat mendorong kita memperbarui semangat Trisakti: Berdaulat dalam politik, berdikari dalam ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan.

 


 

            Dalam rangka menghadapi bulan puasa dan Lebaran serta wujud keseriusan PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) dalam menjalankan penugasan dari Pemerintah sebagai stabilisator harga dan pemegang stock Gula Kristal Putih nasional, PT PPI menggelar pasar murah Gula Kristal Putih yang dilaksanakan secara nasional di 33 kota dimana kantor cabang PT PPI berada.

            Harga jual Gula Kristal Putih PT PPI di pasar murah ini adalah untuk pulau Jawa dengan kisaran Rp. 11.500,00 – Rp. 12.000,00 dan di luar pulau Jawa berkisar Rp. 12.000,00 – Rp. 12.500,00.

            Informasi lebih lanjut dapat menghubungi cabang-cabang PT PPI di bawah ini :

 

Alamat Cabang

Pasar Murah Cirebon dan Medan

PPI GELAR PASAR MURAH GULA KRISTAL PUTIH

Sebagai bentuk keseriusan dalam menjalankan penugasan dari pemerintah, sebagai stabilisator harga dan pemegang stok Gula Kristal Putih nasional, PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) atau  PPI kembali  menggelar  pasar murah gula  kristal putih.  PPI menggelar Pasar Murah khususnya untuk Gula Kristal putih dikarenakan setiap memasuki bulan puasa dan Lebaran, harga bahan-bahan pokok, termasuk gula mengalami kenaikan. PPI mengharapkan  dapat membantu masyarakat untuk mencukupi kebutuhannya akan gula dengan harga yang terjangkau.

Kegiatan Pasar murah ini  dilaksanakan secara nasional dimulai dari Bandung, Cirebon, Palembang dan diikuti kota-kota lainnya dengan 5 sampai 10 titik penjualan, demikian Dayu Padmara Rengganis”, Direktur Utama PPI menuturkan

“Saat ini, harga gula kristal putih PPI untuk pulau Jawa dijual dengan kisaran harga RP. 11.500,00 sampai dengan Rp. 12.000,00 dan di Luar jawa antara Rp. 12.000,00 sampai  Rp 12.500,00. PPI sebagai stabilisator harga gula kristal putih melalui konsep benchmarking harga untuk seluruh Indonesia, PPI siap menghadapi bulan Puasa dan Lebaran” ujar Dayu menambahkan.

Dalam menghadapi Puasa dan Lebaran, PPI akan mendistribusikan 190.000 Ton Gula Kristal Putih, secara bertahap melalui  seluruh jaringan perdagangan PPI baik melalui distributor, pelaksanaan pasar murah oleh PPI dan distributor serta penyaluran melalui jaringan outlet/toko PPI sebanyak 6000 outlet/took  yang tersebar di Seluruh Indonesia dan bersinergi dengan BUMN lain, antara lain Bulog.

Hadir dalam operasi pasar di kota Palembang, Sekjen Kementerian Perdagangan, Srie Agustina, didampingi Direksi PPI, Dayu Padmara Rengganis (Direktur Utama), Charles Sitorus (Dir. Pengembangan Bisnis), Trisilo Ari Setyawan (Direktur Komersial) dan Noer Fajrieansyah (Dir. Sumber Daya Korporat)

“Dalam penugasan gula ini, PPI harus dapat bekerja sama dengan semua pihak,   untuk tumbuh bersama dan sejahtera bersama membesarkan industri gula bersama-sama. PPI ingin penugasan gula berjalan sukses sehingga PPI dapat meningkatkan eksistensinya di bidang trading, tidak hanya gula, namun komoditi khas Indonesia lainnya, serta mewujudkan Indonesia Trading House yang diharapkan dapat menjadi kebanggaan Indonesia”, demikian Dayu menutup pembicaraan.

RAKOR Q1

RAPAT KOORDINASI Quartal I TAHUN 2016

PT PERUSAHAAN PERDAGANGAN INDONESIA(PERSERO)

Jakarta (22/04/2016), PT Perusahaan Perdagangan Indonesia - telah menyelenggarakan Rapat Koordinasi (RAKOR)Quartal I Tahun 2016 yang berlangsung selama empat hari, yaitu tanggal 19 s.d 22 April 2016 yang  bertempat di lantai dua Gedung Graha PPI, Jakarta. Acara RAKORQ1 Tahun 2016 ini diadakan secara rutin setiap tahunnya untuk mengevaluasi kinerja serta menetapkan target hasil usaha pada Q2 tahun 2016. Acara tesebut dihadiri oleh Direksi,Senior Manager (SM),General Manger (GM) Cabang Regional, dan tamu undangan.

Rakor tersebut dibuka secara resmi oleh Direktur Utama PT PPI Ibu Dayu Padmara Rengganisdi dampingi oleh jajaran Direksi lainnya. Kemudian dilanjutkan dengan Diskusi antara Direksi,SM & GM Cabang Regional. Sehingga terjadi mekanisme diskusi terbuka yang melibatkan cabang lainnya, dalam diskusi membahas permasalahan cabang-cabang dan dilanjut dengan arahan Direksi terkait dengan rencana kerja kedepan. 

Seminar Kartini 2016

 

Seminar Bersama KADIN dalam Rangka Hari Kartini Tahun 2016

Jakarta (22/04/2016) -Kelahiran R.A Kartini selalu diperingati setiap 21 April oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Tak terkecuali di lingkungan PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero). Bertempat di Graha PPI, ruang PPI Academy, peringatan hari lahir R.A Kartini pada tahun ini PT PPI (Persero) bekerjasama dengan Kamar Dagang Indonesia (KADIN) membuat Seminar dengan tema “Meningkatkan Peran Serta Masyarakat dalam Penggunaan Energi Baru dan Terbarukan”

Perempuan haruslah terus bercahaya, tidak boleh padam, dan terus semangat, agar dapat meningkatkan kemampuannya dalam keterampilannya maupun untuk pemberdayaan ekonomi kreatif yang berkualitas,khususnya dalam penggunaan energi baru dan terbarukanserta yang utamawanita tidak boleh keluar dari kodratnya sebagai wanita.

Munas FH BUMN

 PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) Ikut Serta Partisipasi dalam Acara Musyawarah Nasional (MUNAS) Forum Humas BUMN di Yogyakarta

Yogyakarta (15/04/2016 s.d 18/04/2016) - Dalam rangka meningkatkan kebersamaan, silaturahmi dan solidaritas serta sinergi antara perusahaan BUMN, Forum Humas BUMN (FHBUMN) resmi menggelar Musyawarah Nasional (Munas) 2016 di Yogyakarta pada Jumat (15/4). Munas FHBUMN ini merupakan forum konstitusi organisasi yang bersifat formal dan terbuka terhadap masukan, aspirasi, usul dan pendapat para anggota guna meningkatkan kualitas serta peran serta FHBUMN di lingkup Kehumasan BUMN.  Dalam Munas ini diagendakan Pemilihan Ketua Umum FHBUMN Periode Kepengurusan 2016-2019, pengesahan amandemen Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga FHBUMN, pembuatan rancangan program kerja tahunan, serta evaluasi kinerja humas BUMN.  Dengan Mengusung tema “Selaras Mewujudkan Karya Nyata”, Munas FHBUMN dirancang sebagai forum untuk menentukan sasaran, strategi, kebijakan dan program kerja FHBUMN selama tahun 2016.

Acara Munas yang berlangsung mulai 15 s.d 17 April 2016 ini dihadiri oleh sekitar ±200 peserta dari Public Relations BUMN dan PT PPI (Persero) sendiri mengirimkan perwakilan untuk dapat berpartisipasi dalam acara MUNAS tersebut. Rangkaian kegiatan akan diawali dengan formasi Paguyuban Becak Yogyakarta di Alun-Alun Yogyakarta dan diikuti dengan aksi sosial penyerahan donasi senilai Rp 150 juta bagi 300 pengemudi becak. Aksi sosial ini digelar sebagai bukti penghargaan FHBUMN kepada becak sebagai salah satu ikon budaya Jogja yang patut dipertahankan. Dari sana peserta Munas akan disambut oleh Gusti Kanjeng Ratu Mangkubumi selaku tuan rumah di Ndalem Wironegaran, Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Ahmad Reza terpilih dalam Munas Forum Humas BUMN 2016 yang digelar pada 15 s.d 17 April 2016 di Jogjakarta. Penghitungan suara berdasarkan lembaga, bukan atas nama individu sehingga Ahmad Reza, Corporate Communication Head Bank Mandiri., berkibar dengan 54 suara, jauh meninggalkan  Pujo Suwarno, Corporate Secretary PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko yang hanya meraih 24 suara, sementara Muhammad Eriansyah, Corporate Secretary PT Pelindo I dengan 15 suara.Ketua Umum terpilih nantinya akan dikukuhkan di Peak Point Kali Adem, Merapi. Hari berikutnya, rombongan peserta Munas akan menghadiri festival penjor dan janur di kawasan Candi Borobudur.

Munas FHBUMN ini diharapkan mampu menjadi wadah aspirasi bersama dan menghasilkan sistem dan bentuk komunikasi yang efektif antara anggota FHBUMN dengan stakeholders terkait baik langsung maupun tidak langsung,  baik secara internal maupun eksternal. FHBUMN juga menjadikan Munas 2016 ini sebagai penegasan komitmen dan momentumuntuk mengambil posisi dan peran strategis, serta membangun paradigma baru kehumasan yang transparan dan responsif terhadap semua perkembangan terkini dunia BUMN, untuk mewujudkan karya nyata.

PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero)
PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero)
GRAHA PPI, Jl. Abdul Muis No.8,
Jakarta Pusat, DKI Jakarta, 10160,
Indonesia
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Phone: +6221 3862141
Fax: +62 21 3862143