Loading...

header informasi

header all

 

LOGO PPI HIGH RESOLUTION

 

BUMN Hadir untuk negeri vector logo

 

 

 

 

 

 

 

Waspadai Penipuan Rekrutmen

 

 

Sehubungan dengan adanya modus penipuan terkait proses rekrutmen & seleksi calon pegawai yang mengatasnamakan PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero), atau pegawai PT PPI (Persero), maupun menggunakan identitas PT PPI (Persero), kepada masyarakat kami mengimbau untuk lebih berhati-hati dan waspada atas segala bentuk penipuan.

 

Kami informasikan bahwa:

 

  1. PT PPI (Persero) tidak pernah memungut biaya ataupun bekerjasama dengan pihak mana pun dalam melakukan proses rekrutmen & seleksi penerimaan calon pegawai.
  2. PT PPI (persero) tidak bertanggungjawab terhadap pihak-pihak yang dirugikan sehubungan dengan hal tersebut.
  3. Untuk menghindari resiko atas hal-hal yang tidak diinginkan, dapat menghubungi kami di nomor telepon (021) 3862141 (Divisi SDM) atau melalui alamat email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya..
  4. Setiap informasi resmi perusahaan, akan kami sampaikan melalui website perusahaan www.ptppi.co.id.

 

Divisi Sumber Daya Manusia

PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero)

 

 

 

 

Menanggapi berita Tribun-Bali.com yang diterbitkan pada hari Kamis 8 Maret 2018 berjudul “TNI AU Siap Operasikan Dua Pesawat Airbus A400M, Diproyeksikan Untuk Tujuan Ini” (http://bali.tribunnews.com/2018/03/08/tni-au-siap-operasikan-dua-pesawat-airbus-a400m-diproyeksikan-untuk-tujuan-ini),

Pada berita tersebut tertulis “Pesawat berbadan lebar yang menjadi andalan tulang punggung pasukan militer negara-negara Eropa ini sudah dipesan oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) sebanyak dua unit.

Dan, “Secara operasional pesawat angkut berat ini dioperasikan oleh PT. PPI dalam menduķung tugas pemerintah dalam menekan disparitas harga antara wilayah barat dengan wilayah timur Indonesia.

PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) menyatakan bahwa perusahaan tidak pernah memesan pesawat apa pun dan perusahaan tidak mengoperasikan pesawat apa pun. Demikian kami sampaikan agar tidak ada kesalahan persepsi pada publik.

Berita yang benar dapat dilihat di web resmi TNI AU: https://tni-au.mil.id/bantu-distribusi-barang-di-indonesia-timur-tni-au-siapkan-pilot-terbangkan-airbus-400-m/

 

 

Suyndo

 

Pada tanggal  27 Februari 2018, telah ditandatangani Nota Kesepahaman antara PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) (PT PPI) dengan Suyndo Import Export PTY LTD mengenai Ekspor Komoditi Pangan dan Nonpangan.

Ini adalah langkah awal kerja sama kemitraan eksklusif antara kedua perusahaan dalam mengeksplorasi dan meningkatkan ekspor (dan dalam langkah kedua melakukan impor antara Indonesia dan Australia dan Eropa dan Asia, termasuk namun tidak terbatas pada Jerman, Swiss, Austria, dan lain-lain). Ini akan dilaksanakan dengan menjual semua jenis komoditas PT PPI melalui jaringan penjualan dan pemasaran Suyndo. Pada tahap awal, kedua perusahaan akan mulai fokus pada ekspor komoditas seperti kopi, teh, lada hitam, rempah-rempah, minyak goreng, dan impor bahan makanan.

Tentunya hal ini akan menciptakan sinergi sesuai dengan kompetensi masing-masing pihak dalam memanfaatkan potensi kedua perusahaan berkenaan dengan dan menjunjung tinggi prinsip kelayakan, saling menguntungkan, dan untuk kepentingan Indonesia dan kedua perusahaan.

KPKU 2018

KPKU 2018 B

 

Seperti yang kita tahu, Kriteria Penilaian Kinerja Unggul (KPKU) bersifat wajib untuk dipraktikkan di lingkungan BUMN. Penerapan KPKU dilatarbelakangi oleh tuntutan kepada BUMN untuk mampu meningkatkan daya saing sekaligus siap menghadapi era pasar bebas Masyarakat Ekonomi ASEAN.

Dengan berpedoman pada KPKU, maka tiap BUMN dapat menilai semua elemen di perusahaan tersebut yang berpengaruh pada pengelolaan perusahaan, peningkatan proses, dan peningkatan hasil. Dengan adanya KPKU sebagai pedoman dan alat ukur, maka BUMN diharapkan dapat merancang keunggulan kinerja organisasi, mendiagnosa sistem manajemen kinerja secara keseluruhan, mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan organisasi, serta menilai upaya perbaikan kinerja.

Begitu pula PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) (PPI). Tanggal 19 Februari hingga tanggal 23 Februari, dilakukan pembukaan assessment dan perkenalan para direksi dan pejabat struktural PPI oleh Direktur Utama.

Penilaian implementasi KPKU kali ini secara independen dilakukan oleh Komite BUMN yang terdiri dari: Shef Muchawan dari PT Krakatau Steel (Persero) Tbk, Bambang Nugroho dari PT Krakatau Steel (Persero) Tbk, Wartono dari PT Telkom Indonesia Tbk, Khaerudin Bunyamin dari PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, dan Rima Delita dari PT Surveyor Indonesia (Persero).

KPKU memiliki tiga peran penting dalam memperkuat daya saing BUMN:

  • Membantu memperbaiki kapabilitas dan kinerja BUMN, baik finansial maupun non finansial.
  • Memfasilitasi komunikasi dan berbagi informasi mengenai praktik-praktik terbaik.
  • Berfungsi sebagai alat kerja untuk memahami dan mengelola kinerja dan untuk memandu perencanaan serta pembelajaran organisasi.

KPKU didesain untuk menyediakan pendekatan (metode/sistem) terpadu dalam pengelolaan kinerja BUMN yang ditujukan untuk menghasilkan hal-hal sebagai berikut:

  • Penyampaian nilai yang selalu meningkat kepada pelanggan dan kepada pemangku kepentingan lainnya sehingga berdampak pada keberlangsungan perusahaan (company sustainability).
  • Peningkatan efektifitas dan Individu.

Assessment KPKU di PPI ini merupakan kali ke-5 diadakan, di mana skor perusahaan selalu naik tiap tahunnya.

Dengan dilakukannya evaluasi atas implementasi KPKU, diharapkan PPI dapat meningkatkan kinerjanya sehingga dapat berkompetisi dengan pesaing di pasar dalam negeri dan pesaing di luar negeri (pasar global) dan semakin menyejahterakan masyarakat.

Sumbar Kota Wisata

 

Dalam rangka memeriahkan Hari Pers Nasional (HPN) 2018, Menteri BUMN Rini M. Soemarno menyerahkan dukungan CSR BUMN untuk masyarakat Sumatra Barat dengan tajuk “Sinergi BUMN Dukung Sumbar sebagai Destinasi Wisata” di Pantai Muaro Lasak, Padang, Sumatra Barat pada Kamis, 8 Februari 2018.

Dalam sambutannya, Menteri Rini menyampaikan bahwa, “Sumatra Barat memiliki budaya dan alam yang indah. Banyak potensi wisata yang bisa dikembangkan. Melalui sinergi BUMN ini kita mendukung Sumatra Barat sebagai destinasi wisata unggulan.” Sinergi BUMN tidak hanya dalam upaya memperkuat BUMN dari sisi usaha, tapi juga dalam bidang sosial untuk membantu pemerintah daerah dan masyarakat mengembangkan dirinya. “Bantuan CSR di Sumbar ini adalah bentuk dukungan pada pemda dan masyarakat pariwisata secara langsung,” jelasnya.

Sinergi BUMN Dukung Sumbar sebagai Destinasi Wisata ini melibatkan sejumlah BUMN, seperti PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero), PT Pegadaian (Persero), PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Angkasa Pura II (Persero), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Permodalan Nasional Madani (Persero), PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, PT Kereta Api Indonesia (Persero), PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Perusahaan Listrik Negara (Persero), PT Asuransi Jasindo (Persero), PT Jasa Raharja (Persero), PT Asuransi Jiwasraya (Persero), PT PPI (Persero), PT Pertamina (Persero), PT Askrindo (Persero), Perum Jamkrindo, PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk, PT PP (Persero) Tbk, PT Pelindo II (Persero), PT Kimia Farma (Persero) Tbk, PT Hutama Karya (Persero), PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero), PT Hotel Indonesia Natour (Persero), PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, PT Pos Indonesia (Persero), PT Surveyor Indonesia (Persero), PT Semen Padang, dan lain sebagainya.

Bantuan antara lain berupa beasiswa bagi 120 siswa jurusan pariwisata atau jurusan yang mendukung kegiatan pariwisata, dan beberapa fasilitas dasar yang antara lain berupa welcome gate bandara, papan informasi lokasi wisata, toilet dan ketersediaan air bersih, tempat sampah, taman tematik Pantai Cimpago dan lampu taman.

Selain itu, di Bukittinggi juga telah selesai dibangun fasilitas berupa tenda kuliner, renovasi lantai conblock, taman, pagar, kanopi, tempat sampah, relokasi dan Menara Pandang.

Sementara di Kelok Sembilan, telah dirampungkan pembangunan renovasi musala di posisi atas jembatan Kelok 9, toilet VIP, toilet umum, tempat wudu, sumber air bersih, serta pengelolaan dan pembuangan limbah toilet.

Bantuan untuk masyarakat umum berupa pembangunan jembatan di Baringin dan SMA 14, tempat sampah roda 50 unit di Kawasan Wisata Kelok 9 Lubuk Kilangan, 3 kelas di SMP 38 di Kelurahan Tarantang, serta prasarana air bersih, pembatas jalan, dan renovasi taman baca di Desa Maninjau.

Sebagai informasi, dukungan Kementerian BUMN pada pariwisata Sumbar, telah dilakukan sejak pertengahan tahun 2017. Sebagai wujud nyata BUMN hadir untuk Negeri, sejumlah fasilitas dasar penunjang pariwisata telah dibangun oleh BUMN. Selain itu, sinergi BUMN juga telah memberikan vokasi untuk kewirausahaan dalam mendukung kegiatan pariwisata di Sumatera Barat. Sedangkan untuk pengembangan sumber daya manusia, 1.100 orang dilatih agar memiliki kemampuan sebagai pemandu wisata.

Menteri Rini berpesan agar bantuan fisik tersebut dijaga dan dirawat dengan baik. “Fasilitas umum ini dibangun untuk kepentingan masyarakat banyak. Jangan hanya dibangun saja, setelah itu dibiarkan rusak. Fasilitas umum yang dibangun oleh BUMN merupakan fasilitas yang banyak dibutuhkan masyarakat Sumbar,” katanya.

 

Covare

 

Aceh GayoSumatera TobaSumatera MandailingPapua Blend2018 01 17 PHOTO 00004072

WhatsApp Image 2017 09 09 at 11.56.59 AMWhatsApp Image 2017 09 09 at 11.57.08 AMWhatsApp Image 2017 09 15 at 09.17.41IMG 3804IMG 5848

 

PPI kini tengah gencar mengembangkan metode pengelolaan kopi arabika dari dari daerah Sumatera dan Papua. Langkah-langkah yang kita lakukan adalah pendampingan untuk proses panen, pengelolaan pasca panen, pembelian green bean, dan pemasaran produk premium.

Pada beberapa kesempatan, Kopi PPI ini sudah tampil di muka umum dicicipi khalayak dan mendapatkan respon positif.

Varian kopi yang tengah dikembangkan antara lain: Kopi Papua Wamena, Sumatera Toba, Sumatera Mandailing, Aceh Gayo dan Papua Blend. Masing-masing kopi tersebut mempunyai cita rasa yang berbeda-beda. Contoh, Kopi Papua Wamena memiliki aroma seperti madu, coklat, dan caramel. Lain lagi dengan Sumatera Toba yang memiliki rasa bernuansa herbal, coklat, manis, pedas dengan wangi buah, dan after taste-nya seperti cokelat hitam.

Merek kopi PPI ini adalah Covare.

Koneksi antara secangkir kopi dan petani tercipta baik, karena komitmen untuk menghasilkan kualitas terbaik. Konsistensi alam memiliki kesempurnaan untuk mempengaruhi hasil setiap biji kopi yang ditawarkan. Menggabungkan sinergi antara koneksi (connection) petani dan alam (environment), Covare merupakan rumah untuk mengenalkan biji kopi olahan mereka. Dengan tujuan untuk mendapatkan respon ekspresif dari konsumen berdasarkan kualitas biji kopi yang ditawarkan dan mengembalikan nilai yang dihasilkan oleh tiap cangkir kepada para petani.

Covare ini sudah bisa didapatkan pada marketplace indonesia seperti Lazada, Elevania, Shopee, dan Blanja.com, akan menyusul kemudian pada marketplace lainnya. Penjualan secara offline pun tengah disiapkan, supaya kehadiran Covare dirasa semakin dekat dengan penikmatnya. Untuk mendukung hal tersebut PPI juga tengah menyiapkan pabrik kopi di Lodan Jakarta Utara.

Niat dasar PPI mengembangkan kopi ini dengan cara membesarkan petani, membesarkan semua yang terlibat dan tentu saja untuk membesarkan perseroan sendiri dengan keuntungan terukur dan berimbang.

Panganesia Edit 4 Resize

 

Selain Covare, PPI kini juga mengeluarkan brand minyak goreng yang bernama Panganesia, yang memiliki makna “Pangan Untuk Indonesia”. Langkah ini adalah bentuk perwujudan BUMN Hadir untuk Negeri, dengan mengimplementasikan strategi korporasi untuk menjadi perusahaan supplier pangan dalam jangka panjang dan terus meningkatkan volume produksi sehingga dapat berkontribusi dalam memberikan pilihan lain kepada konsumen untuk minyak goreng harga ekonomis namun kualitas mutu lebih baik dari beberapa produk minyak goreng sekelasnya.

Keunggulan produk yang dimiliki Panganesia adalah diproduksi dengan menggunakan RBD Palm Olein CP 8 yang titik bekunya berada pada suhu 18 – 20 °C. Untuk sementara, Cabang Surabaya akan menjadi stock point untuk produk Panganesia namun akan didistribusikan oleh seluruh cabang PPI. 

MoU PT Industri Nabati Lestari

 

Hari ini Senin 15 Januari, telah ditandatangani Nota Kesepahaman antara PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) dan PT Industri Nabati Lestari tentang Kerjasama Pemasaran Produk Minyak Goreng (Olein).

Agus Andiyani selaku Direktur Utama PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) dan J. Swondo selaku Direktur Utama PT Industri Nabati Lestari, mewakili kedua belah pihak untuk menandatangani Memorandum of Understanding tersebut.

Maksud dan tujuan Nota Kesepahaman ini adalah untuk mencapai kesepahaman antara kedua perusahaan guna menuju pada kerjasama jual beli produk Olein (minyak goreng) dengan kuantitas dan kualitas yang akan disepakati lebih lanjut.

Tentu ini adalah langkah awal dalam rangka usaha kerjasama yang saling menguntungkan dengan memanfaatkan potensi, keahlian, dan fasilitas yang dimiliki oleh masing-masing pihak dalam rangka kerjasama jual beli produk.

Kegiatan ini dilandasi dengan semangat sinergi BUMN dan anak perusahaan BUMN (PT Industri Nabati Lestari adalah anak perusahaan PTPN 3), di mana kedua belah pihak akan mengadakan diskusi dan kajian lebih lanjut tentang volume minyak, formulasi harga, dan spesifikasi produk terkait rencana kerjasama jual beli produk.

TEI

 

PT PPI (Persero) berpartisipasi dalam Trade Expo Indonesia (TEI) 2017, perhelatan yang menjadi representasi potensi dan prestasi aneka ragam produk Indonesia

TEI merupakan pameran business-to-business (B2) yang diselenggarakan Kementerian Perdagangan bersama lembaga terkait. Hal ini dilatarbelakangi oleh perdagangan di pasar luar negeri yang maju. Adapun Indonesia merupakan salah satu negara berkembang (emerging market) dan anggota 20 ekonomi besar dunia (G20) yang harus berperan aktif di pasar dunia.

Silakan kunjungi galeri untuk foto-foto kegiatan PT PPI di Trade Expo Indonesia 2017.

IBD

 

PT PPI (Persero) ikut berpartisipasi dalam Indonesia Business & Development Expo (IBD) 2017.

Acara ini dirancang sebagai panggung produk unggulan, kinerja, dan program dari berbagai stakeholder ekonomi di Indonesia.

Event ini bertujuan agar masyarakat luas mempunyai pemahaman yang lebih mendalam mengenai produk dan jasa yang dihasilkan Indonesia.

Silakan kunjungi galeri untuk foto-foto kegiatan PT PPI di IBD Expo 2017.

Koordinasi Daerah Perbatasan

Pada Rabu 25 Oktober 2017, Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri menyelenggarakan acara dengan tema: Koordinasi Peningkatan Temu Usaha Perdagangan di Daerah Perbatasan, bertempat di Hotel Arya Duta, Jakarta.

Hadir sebagai narasumber dalam acara tersebut di antaranya: Direktur Komersial PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero), Trisilo Ari Setyawan; Wakil Sekjen Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO); Kapus Riset & Renstra Bulog; serta para hadirin lainnya yaitu Kepala Dinas yang membidangi perdagangan Provinsi dan Kabupaten/Kota yang berada di daerah perbatasan. Acara itu sendiri dibuka oleh Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Tjahya Widayanti.

Pembangunan wilayah perbatasan memiliki keterkaitan yang sangat erat dengan misi pembangunan nasional, terutama untuk menjamin keutuhan dan kedaulatan wilayah, pertahanan keamanan nasional, serta meningkatkan kesejahteraan rakyat di wilayah perbatasan. Pendekatan pembangunan wilayah Perbatasan Negara saat ini adalah dengan menggunakan pendekatan kesejahteraan (prosperity approach) dengan tidak meninggalkan pendekatan keamanan (security approach). Oleh karenanya, ihwal penunjang di Kawasan Perbatasan, Kementerian Perdagangan mempunyai tugas:

  1. Menyediakan/merevitalisasi pasar perbatasan di Kawasan Penunjang Pos Lintas Batas Negara; dan
  2. Memperlancar kegiatan perdagangan/tata niaga lintas batas negara.

Dalam upaya memenuhi kebutuhan masyarakat di daerah perbatasan, Kementerian Perdagangan pada tahun 2017 telah mengalokasikan dana untuk merevitalisasi/membangun 39 pasar rakyat: 33 pasar rakyat melalui Dana Alokasi Khusus dan 6 pasar rakyat melalui Tuas Pembantuan. Di samping itu, dalam upaya memperlancar kebutuhan barang-barang untuk beberapa daerah perbatasan seperti Alor, Maluku Tenggara Barat, Kepulauan Sangihe, Kepulauan Natuna, Nunukan dan lain-lain, telah didistribusikan melalui program Tol Laut yaitu Gerai Maritim. Tentu saja diharapkan dengan pengembangan sarana distribusi dan program gerai maritim dapat memperlancar distribusi barang kebutuhan pokok dan barang penting di daerah perbatasan.

Direktur Komersial PT PPI, Trisilo Ari Setyawan, menjabarkan Konsep Perdagangan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) PT PPI. Beliau mengatakan PPI akan ikut berperan serta dalam menghidupkan Tata Niaga Perdagangan di wilayah PLBN Indonesia-Malaysia (Aruk, Entikong, Badau); Indonesia-Timor Leste (Wini, Motaain, Motamasin); dan Indonesia-Papua Nugini (Skouw).

Ari menjelaskan, sasaran strategis perdagangan PLBN PT PPI adalah PPI hadir untuk negeri di wilayah PLBN; peningkatan perekonomian penduduk di wilayah PLBN; peningkatan produktivitas dan menghasilkan nilai tambah wilayah PLBN; pembukaan jalur niaga baru antarnegara; dan sinergi antarnegara di bidang Ekonomi, Politik, dan Keamanan.

Dari acara tersebut, diperoleh masukan-masukan konkret dan strategis dari para stakeholder perihal mekanisme yang tepat dan ihwal solusi untuk memecahkan permasalahan yang ada dalam pengembangan kegiatan perdagangan di daerah perbatasan. 

PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero)
PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero)
GRAHA PPI, Jl. Abdul Muis No.8,
Jakarta Pusat, DKI Jakarta, 10160,
Indonesia
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Phone: +6221 3862141
Fax: +62 21 3862143