Loading...

header informasi

header all

 

 

KPKU

 

Tentunya kita telah memahami bahwa Kriteria Penilaian Kinerja Unggul (KPKU) bersifat wajib untuk dipraktikkan di lingkungan BUMN. Penerapan KPKU dilatarbelakangi oleh tuntutan kepada BUMN untuk mampu meningkatkan daya saing sekaligus siap menghadapi era pasar bebas Masyarakat Ekonomi ASEAN.

Dengan berpedoman pada KPKU, maka tiap BUMN dapat menilai semua elemen di perusahaan tersebut yang berpengaruh pada pengelolaan perusahaan, peningkatan proses, dan peningkatan hasil. Dengan adanya KPKU sebagai pedoman dan alat ukur, maka BUMN diharapkan dapat merancang keunggulan kinerja organisasi, mendiagnosa sistem manajemen kinerja secara keseluruhan, mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan organisasi, serta menilai upaya perbaikan kinerja.

Begitu pula PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) (PPI). Tanggal 22 Juni hingga tanggal 28 Juni 2019, dilakukan pembukaan assessment dan perkenalan para direksi dan pejabat struktural PPI oleh Direktur Utama.

KPKU memiliki tiga peran penting dalam memperkuat daya saing BUMN:

  1. Membantu memperbaiki kapabilitas dan kinerja BUMN, baik finansial maupun non finansial.
  2. Memfasilitasi komunikasi dan berbagi informasi mengenai praktik-praktik terbaik.
  3. Berfungsi sebagai alat kerja untuk memahami dan mengelola kinerja dan untuk memandu perencanaan serta pembelajaran organisasi.

KPKU didesain untuk menyediakan pendekatan (metode/sistem) terpadu dalam pengelolaan kinerja BUMN yang ditujukan untuk menghasilkan hal-hal sebagai berikut:

  • Penyampaian nilai yang selalu meningkat kepada pelanggan dan kepada pemangku kepentingan lainnya sehingga berdampak pada keberlangsungan perusahaan (company sustainability).
  • Peningkatan efektifitas dan Individu.

Assessment KPKU di PPI ini merupakan kali ke-6 diadakan, di mana skor perusahaan selalu naik tiap tahunnya.

Dengan dilakukannya evaluasi atas implementasi KPKU, diharapkan PPI dapat meningkatkan kinerjanya sehingga dapat berkompetisi dengan pesaing di pasar dalam negeri dan pesaing di luar negeri (pasar global) dan semakin menyejahterakan masyarakat.

Mudik Gratis

PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) melepas peserta mudik gratis dalam Program Mudik Bersama BUMN di Graha PPI dan Gelora Bung Karno, Jakarta, 30 Mei 2019.

Program ini merupakan bentuk empati perusahaan terhadap kebutuhan mudik masyarakat menjelang hari Idul Fitri 1440 H dan sejalan dengan program pemerintah dalam upaya pengalihan pemudik sepeda motor ke moda transportasi bus, kereta api dan kapal laut dipilih untuk meminimalisir resiko kecelakaan lalu lintas.

Moda transportasi yang digunakan untuk mudik gratis PT PPI ini adalah bus, yang memberangkatkan 360 peserta mudik dengan tujuan kota di wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah.

PT PPI juga mengucapkan selamat merayakan mudik bagi para pemudik, semoga selamat sampai tujuan dan dapat merayakan lebaran bersama keluarga dengan penuh suka cita.

Pangan Murah Ramadan Gorontalo

PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) menggelar pasar murah bahan kebutuhan pokok bagi masyarakat jelang Lebaran di Lapangan Taruna Remaja, Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Selasa 28 Mei 2019.

Sebanyak 2.000 paket bahan pokok yang disediakan pada pasar murah yang merupakan rangkaian kegiatan BUMN Hadiri Untuk Negeri (BHUN) tersebut.

Secara umum, kegiatan BHUN ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan secara serentak, dengan Bank Mandiri sebagai PIC acara tersebut.

Kegiatan ini sendiri merupakan rangkaian pertama yang akan berlanjut. Beberapa waktu yang lalu, PT PPI bersama Bank Mandiri, Djakarta Lloyd, dan Indonesia Re sudah membagikan bantuan ke pesantren serta panti asuhan berupa 1.000 Alquran serta bantuan lainnya.

Pada rangkaian BHUN di Gorontalo, juga akan dilaksanakan upacara bendera 17 Agustus. Adapun kegiatan lainnya yaitu Siswa Mengenal Nusantara (SMN) yang akan dipilih siswa-siswa terbaik dari seluruh Gorontalo untuk didaftarkan mengikuti pertukaran pelajar tersebut dengan daerah lain.

Para peserta nantinya akan mengikuti pertukaran dengan pelajar dari daerah lainnya di Indonesia selama satu bulan lamanya.

Untuk penutupan seluruh rangkaian kegiatan, akan ditutup dengan jalan sehat bersama.

Cafe Covare Semarang

 

Cafe Covare Coffee kini telah hadir di kota Semarang, tepatnya di kawasan Kota Lama.

Kawasan Kota Lama sendiri dipastikan menjadi salah satu destinasi wisata yang dapat dikunjungi saat libur Lebaran nanti, karena kini telah hadir Galeri Industri Kreatif yang menempati Gedung PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero).

Galeri Industri Kreatif tersebut telah diresmikan pada 26 Mei 2019 lalu sehingga pada libur lebaran nanti, para pengunjung bisa menikmati berbagai sajian yang ada di sana. Berbagai kuliner, furnitur, fashion, handicraft, dan barang antik dihadirkan tersebut. Tak lupa tentunya Covare Coffee akan memanjakan para penikmat kopi yang singgah.

Hadirnya Galeri Industri Kreatif akan menambah daya tarik wisata sehingga orang tidak hanya berjalan-jalan di seputar Kota Lama, namun bisa membeli oleh-oleh di Kawasan Kota Lama.

Galeri Industri Kreatif dibangun atas kerja sama PT PPI, Kementerian Perindustrian, Pemerintah Kota Semarang, dan Disperindag Jateng. Wisatawan yang datang bisa langsung bertransaksi di sana secara cashless.

Pangan Murah Ramadan Subang

 

PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) terus menyalurkan paket pangan murah di beberapa kota di Indonesia.

PT PPI menjadi bagian dari Program Kementerian BUMN yang menggelar aksi kepedulian sosial bertema Pangan Murah Ramadhan 1440 Hijriah, yang serentak dilaksanakan di 40 Kecamatan di 3 Propinsi yakni DKI, Banten, dan Jawa Barat, dari 18 Mei 2019 hingga minggu keempat di bulan Mei tahun ini. ㅤㅤ

Seperti pada tanggal 24 Mei 2019,  PT PPI kembali mengadakan kegiatan paket pangan murah di Cipunagara, Subang. Paket tersebut berisi beras 1 kg, minyak goreng 1 liter, garam 250 gr, gula 450 gr dan sarden 425 gr. Paket seharga Rp42.500 itu dijual seharga Rp10.000. Isi paket pangan murah tersebut merupakan produk-produk BUMN termasuk PT PPI.

Kegiatan ini bukan semata-mata jualan komersial, namun lebih pada tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat. Acara ini juga termasuk dalam rangkaian HUT PT PPI ke-16, yang selain mengadakan paket pangan tersebut, juga memberikan santunan kepada anak-anak yatim piatu di wilayah kecamatan Cipunagara, Subang.

Jumlah masyarakat yang antusias sebanyak kurang lebih 3000 orang menjadi bukti bahwa program ini memang sangat dinanti oleh masyarakat setempat.

Kebangkitan Nasional 2019

PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) memperingati Kebangkitan Nasional dengan melaksanakan upacara di kantor pusat dan kantor cabang pada 20 Mei 2019. Semua rekan-rekan PT PPI menggunakan pakaian daerah dalam peringatan tersebut.

Tujuan peringatan 111 tahun Kebangkitan Nasional Tahun 2019 adalah untuk terus memelihara, menumbuhkan dan menguatkan jiwa nasionalisme kebangsaan sebagai landasan dasar dalam melaksanakan pembangunan, menegakkan nilai-nilai demokrasi berlandaskan moral dan etika berbangsa dan bernegara, mempererat persaudaraan untuk mempercepat terwujudnya visi dan misi bangsa kita ke depan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Bantuan Korban Pergeseran Tanah

PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) memberikan bantuan kepada korban bencana pergerakan tanah di Desa Kertaangasana, Sukabumi, pada 29 April 2019.

Berkoordinasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, bantuan yang diberikan PT PPI berupa makanan ringan, mie instan, susu, pampers, peralatan mandi, dan lain-lain.

Bantuan tersebut secara simbolis diserahkan oleh Mayer Simanjuntak selaku Ketua Tim Proyek Implementasi BUMN Shop Sukabumi.

PT PPI bersama BNI ditunjuk sebagai BUMN Koordinator sekaligus mengadministrasikan bantuan BUMN donatur agar pemberian bantuan kepada korban bencana tepat sasaran, tepat jumlah, dan sesuai kebutuhan.

 Bahan Bangunan Lombok

Gempa dengan skala 5,8 skala richter yang menghantam Lombok pada pertengahan 2018 menimbulkan duka bagi masyarakat. Optimalisasi peran perusahaan negara dalam rangka percepatan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana gempa tersebut dilakukan dengan cepat.

Upaya-upaya yang telah dilakukan oleh Kementerian BUMN dan BUMN di antaranya mendirikan pusat rehabilitasi untuk penanganan trauma, membangun rumah tinggal sementara yang layak dan tahan gempa, MCK, bantuan kesehatan, hingga pinjaman kepada para petani untuk modal kerja.

Tentunya kita semua berharap bantuan BUMN ini bisa meringankan beban masyarakat NTB yang menjadi korban gempa bumi, sekaligus mendukung upaya-upaya penanganan pasca bencana.

PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) (PT PPI) pada pertengahan tahun lalu menjadi bagian dalam upaya pemberian bantuan yang disalurkan melalui posko bencana Kementerian BUMN berupa material bangunan untuk proses rehabilitasi dan rekonstruksi di sana.

“Kami terus berupaya membantu program pemerintah untuk mempermudah masyarakat ihwal ketersediaan material bangunan di Lombok, dengan mendistribusikan ribuan material spandek lembaran, kanal, reng, besi ulir, dan besi polos, ke toko-toko bangunan di wilayah yang terdampak bencana dengan harga khusus,” tutur General Manager PPI Cabang Mataram Manasar Sihite.

“Tentu saja kami ingin agar harga tetap terjaga dan tidak melambung tinggi,” pungkas Senior Manager Divisi Pengadaan PPI, Rahman Saidi, pada kesempatan yang sama.

PT PPI pada tahun 2018 menekankan pengembangan sistem perdagangan dari hulu ke hilir yang difokuskan pada pembenahan dan pengembangan portofolio binis perusahaan, rantai pasok, produksi, dan perluasan pasar di dalam dan luar negeri.

Secara bertahap arah pengembangan perusahaan nampak dari kinerja perusahaan periode tahun 2018 jika dibandingkan tahun sebelumnya. Pada 2018, pencapaian penjualan mencapai 115% dari realisasi penjualan di tahun 2017.

AAIC

PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) dengan Kamar Dagang Amerika Indonesia (AAIC) menandatangani MoU mengenai promosi perdagangan bilateral dan pembangunan ekonomi berkelanjutan di sektor swasta dan sektor publik antara Indonesia dan Amerika Serikat, pada 25 April 2019, di Kantor Pusat PPI.

Ini mendorong kepentingan bersama dan mempertimbangkan bahwa PT PPI dan AAIC sangat percaya pada sifat saling melengkapi dari masing-masing sistem inisiatif swasta dan publik untuk mempromosikan perdagangan bilateral dan pembangunan ekonomi berkelanjutan.

Oleh karena itu, disepakati antara PT PPI, yang diwakili oleh Yaniarsyah Hasan sebagai Direktur Perdagangan Internasional dan AAIC, yang diwakili oleh Wayne Forrest sebagai presiden, bahwa kedua pihak akan mengambil inisiatif untuk bertukar informasi perdagangan, pasar dan ekonomi, dan untuk menyebarkan informasi mengenai bisnis sosialita tentang barang, layanan, dan kemungkinan kemitraan yang mungkin tersedia dari salah satu atau kedua belah pihak.

PT PPI dan AAIC juga akan saling menginformasikan di pameran dagang, pameran, dan acara serupa yang mempromosikan produk dari kedua belah pihak.

PT PPI dan AAIC juga akan mensponsori dan mempromosikan kunjungan dagang dan misi industri. Selain itu, PT PPI dan AAIC juga akan melakukan studi pasar bersama pada sektor-sektor yang memberikan minat untuk keduanya.

PT PPI dan AAIC akan mengambil semua langkah yang mungkin dan layak untuk mempromosikan perdagangan dan kerja sama ekonomi berkelanjutan di antara keduanya.

HUT KBUMN Bali

 

PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) menjadi bagian dari rangkaian Bulan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-21 Kementerian BUMN dengan kegiatan paket pangan murah di beberapa kota di Indonesia. Seperti pada tanggal 8 April 2019, PT PPI kembali mengadakan kegiatan paket pangan murah di Desa Tri Eka Buana, Karangasem, Bali.

PT PPI bersama Permodalan Nasional Madani, Industri Sandang Nusantara, dan Perum Jaminan Kredit Indonesia berpartisipasi dalam acara tersebut dengan kegiatan yang juga beraneka ragam, seperti Bersih-bersih Kampung, Pemeriksaan Kesehatan, Pembagian Alat Peraga Paud, Pembagian Alat Kebersihan, Program Aktivasi LinkAja, Pembagian Bibit Pohon, Penyerahan Alat Tenun, dan Penyerahan Alat Pembuatan Kue.

Anton Mart Irianto selaku Direktur Perdagangan Dalam Negeri PPI, menuturkan, "Rangkaian bulan HUT Ke-21 Kementerian BUMN ini lebih menekankan pada konsep kehadiran yang dirasa nyata adanya oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia. PPI sebagai bagian dari Program Bulan HUT BUMN ini, berusaha memaksimalkan sinergi, dan meningkatkan jumlah produk UKM yang didistribusikan ke jaringan PPI baik di dalam negeri maupun luar negeri. Upaya-upaya ini dilakukan tidak hanya mencari untung, tetapi juga mendukung program-program BUMN sehingga kehadiran kita dapat dirasakan langsung oleh masyarakat."

Antusiasme masyarakat yang diperkirakan berjumlah 1000 peserta, ditambah para milenial daerah yang hadir sejak pagi bergotong-royong membersihan lingkungan sekitar, menjadi bukti bahwa program ini memang sangat dinanti oleh masyarakat setempat. Tentu saja tak lupa Sinergi BUMN juga menampilkan hiburan rakyat dan pameran produk usaha masyarakat.

PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero)
PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero)
GRAHA PPI, Jl. Abdul Muis No.8,
Jakarta Pusat, DKI Jakarta, 10160,
Indonesia
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Phone: +6221 3862141
Fax: +62 21 3862143