Loading...

header informasi

header all

AAIC

PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) bersama American Indonesian Chamber of Commerce (AAIC) melakukan penandatanganan MoU dalam hal promosi perdagangan bilateral dan pembangunan ekonomi berkelanjutan di sektor swasta dan sektor publik antara Indonesia dan Amerika Serikat, pada tanggal 25 April 2019, di Kantor Pusat PPI.

Hal ini adalah pembinaan kepentingan bersama dan mempertimbangkan bahwa PT PPI dan AAIC sangat percaya pada sifat saling melengkapi dari masing-masing sistem inisiatif dari swasta dan publik untuk mempromosikan perdagangan bilateral dan pembangunan ekonomi berkelanjutan.

Oleh karena itu, disepakati antara PT PPI, diwakili oleh Yaniarsyah Hasan selaku Direktur Perdagangan Internasional dan AAIC, diwakili oleh Wayne Forrest selaku presiden, bahwa kedua pihak akan berinisiatif untuk bertukar informasi perdagangan, pasar dan ekonomi, dan untuk menyebarluaskan informasi sosialita bisnis tentang barang, jasa, dan kemungkinan kemitraan yang mungkin tersedia dari salah satu atau kedua pihak.

PT PPI dan AAIC juga akan saling memberitahu satu sama lain dalam pameran dagang, pameran dan acara serupa yang mempromosikan produk dari kedua pihak.

PT PPI dan AAIC juga akan mensponsori dan mempromosikan kunjungan dagang dan misi industri keduanya. Selain itu, PT PPI dan AAIC juga akan melakukan studi pasar bersama pada sektor-sektor yang memberikan minat bagi keduanya.

PT PPI dan AAIC akan mengambil semua langkah yang mungkin diperlukan dan layak untuk mempromosikan perdagangan dan kerja sama ekonomi berkelanjutan antara keduanya.

HUT KBUMN Bali

 

PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) menjadi bagian dari rangkaian Bulan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-21 Kementerian BUMN dengan kegiatan paket pangan murah di beberapa kota di Indonesia. Seperti pada tanggal 8 April 2019, PT PPI kembali mengadakan kegiatan paket pangan murah di Desa Tri Eka Buana, Karangasem, Bali.

PT PPI bersama Permodalan Nasional Madani, Industri Sandang Nusantara, dan Perum Jaminan Kredit Indonesia berpartisipasi dalam acara tersebut dengan kegiatan yang juga beraneka ragam, seperti Bersih-bersih Kampung, Pemeriksaan Kesehatan, Pembagian Alat Peraga Paud, Pembagian Alat Kebersihan, Program Aktivasi LinkAja, Pembagian Bibit Pohon, Penyerahan Alat Tenun, dan Penyerahan Alat Pembuatan Kue.

Anton Mart Irianto selaku Direktur Perdagangan Dalam Negeri PPI, menuturkan, "Rangkaian bulan HUT Ke-21 Kementerian BUMN ini lebih menekankan pada konsep kehadiran yang dirasa nyata adanya oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia. PPI sebagai bagian dari Program Bulan HUT BUMN ini, berusaha memaksimalkan sinergi, dan meningkatkan jumlah produk UKM yang didistribusikan ke jaringan PPI baik di dalam negeri maupun luar negeri. Upaya-upaya ini dilakukan tidak hanya mencari untung, tetapi juga mendukung program-program BUMN sehingga kehadiran kita dapat dirasakan langsung oleh masyarakat."

Antusiasme masyarakat yang diperkirakan berjumlah 1000 peserta, ditambah para milenial daerah yang hadir sejak pagi bergotong-royong membersihan lingkungan sekitar, menjadi bukti bahwa program ini memang sangat dinanti oleh masyarakat setempat. Tentu saja tak lupa Sinergi BUMN juga menampilkan hiburan rakyat dan pameran produk usaha masyarakat.

PPI Petrokimia Gresik

 

Pada Jumat 5 April 2019, PPI bersama PT Petrokimia Gresik melakukan penandatanganan Surat Perjanjian Jual Beli yang diwakili oleh Agus Andiyani selaku Direktur Utama PPI dan Rahmad Pribadi selaku Direktur Utama PT Petrokimia Gresik.

Dalam SPJB tersebut, PPI menjadi distributor utama produk retail Pupuk Non Subsidi untuk wilayah Jawa Timur, Bali, dan Kalimantan.

1

Dalam rangka menyongsong ulang tahun yang ke 21, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kembali melakukan berbagai kegiatan bersama masyarakat di berbagai daerah di Indonesia.

Kali ini, Menteri BUMN, Rini M. Soemarno beserta jajaran Deputi Kementerian BUMN dan para Direksi BUMN merayakan Ulang Tahun Kementerian BUMN dengan masyarakat Kabupaten Brebes dan sekitranya di Rest Area Jalan tol KM 260 B pada Sabtu, 23 Maret 2019.

Dalam acara tersebut, BUMN-BUMN bersinergi menyelenggarakan kegiatan Pangan Murah berupa penjualan barang-barang kebutuhan pokok bagi masyarakat dengan harga yang relatif terjangkau.

Tercatat sebanyak 4.000 paket pangan dijual seperti Beras, Gula, Minyak Goreng, Ikan Sarden, dll dengan harga jual Rp 10.000 per paket.

Dalam kegiatan ini pula, BUMN-BUMN bersinergi mendorong pertumbuhan ekonomi melalui pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) di Tempat Peristirahatan Penumpang (Rest Area) jalan tol. ㅤㅤ
ㅤㅤ
Di Rest Area ini dijual berbagai jajanan khas daerah lokal serta dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas umum lainnya.  UMKM yang dipilih untuk mengisi di sana adalah UMKM yang berlokasi di sekitar rest area seperti Brebes, Tegal, Kendal, dan Semarang. ㅤㅤ
ㅤㅤ
Selain menyediakan fasilitas dan tempat jual bagi pedagang, PPI selaku BUMN koordinator, melakukan pembinaan terhadap kualitas produk, kemasan, pelayanan produk UMKM. ㅤㅤ
ㅤㅤ
Penjualan produk UMKM di Rest Area 260 B  memanfaatkan bangunan yang merupakan bekas Pabrik Gula (PG) Banjaratma, Kabupaten Brebes, yang telah direvitalisasi menjadi rest area jalan tol yang terindah di Indonesia.

Walini 2

Pada tanggal 26 Januari 2019, PPI bersama PTPN III melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) tentang rencana kerjasama distribusi pemasaran produk retail Walini, di De Tjolomadoe, Solo.

Ini adalah langkah awal untuk inisiasi keinginan PPI dan PTPN III untuk bekerjasama di bidang Distribusi Pemasaran Produk Retail yang akan disepakati bersama kedua pihak kemudian, yang saling memberi manfaat dan saling menguntungkan.

PPI akan melaksanakan fungsi sebagai distributor produk retail Perkebunan Nusantara Grup yang di-bandling dengan brand/merek WALINI milik PTPN III. Untuk tahap awal, produk yang ditawarkan oleh merek dagang Walini adalah gula, minyak goreng, teh dan kopi. Ke depan, perseroan akan menambah produk lain seperti cokelat.

Pada acara tersebut juga dilakukan peresmian Logo baru dari PTPN III beserta transformation corporate culture PTPN III.

4

 

PPI berpartisipasi dalam Trade Expo Indonesia 2018, acara yang diluncurkan Kementerian Perdagangan (Kemendag) yang berlangsung di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang, 24-28 Oktober 2018. 

Kegiatan ini sebagai upaya strategis dan komitmen untuk meningkatkan ekspor Indonesia.

Trade Expo Indonesia 2018 resmi ditutup dengan capaian nilai transaksi dan investasi lebih dari RP120 triliun.

IBD 2018 8

PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) berpartisipasi dalam Indonesia Business & Development Expo (IBDexpo) 2018, di Grand City Surabaya, dari tanggal 3-6 Oktober 2018.

Mengusung tema “BUMN Tak Henti Membangun Negeri”, IBDexpo 2018 dirancang sebagai panggung bagi produk unggulan, kinerja, dan program dari berbagai stakeholder ekonomi di Indonesia.

Sebagai gerbang informasi bisnis dan pembangunan Indonesia, pameran ini bertujuan sebagai satu atap informasi tentang kinerja, prestasi, dan program kerja dari produk-produk Indonesia.

Lewat acara ini, diharapkan masyarakat Indonesia akan mendapatkan kemudahan memperoleh informasi mengenai produk, peluang bisnis, dan proyek-proyek investasi di Indonesia.

Bukan hanya sebagai gerbang informasi bisnis dan pembangunan di Indonesia, IBDexpo 2018 juga dirancang sebagai ajang pertemuan bergengsi antar para pelaku bisnis di Indonesia dan asing dalam membahas topik dan isu strategis terkait perkembangan BUMN, korporasi, pembangunan, dan investasi terkini di Indonesia.

 

PPI PTPN 8

PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) dan PT Perkebunan Nusantara VIII melakukan penandatanganan nota kesepahaman tentang Kerja Sama Komoditi Kopi, Teh, Sawit, dan Produk Industri Hilir.

Diwaliki oleh Agus Andiyani sebagai Dirut PT PPI dan Bagya Mulyanto sebagai Dirut PTPN VII, penandatanganan itu berlangsung di Gudang Kopi milik PT PPI, Jakarta, Selasa (24/7/2018). Tak hanya itu, acara juga diselingi dengan cupping dan roasting kopi yang dilakukan oleh barista PT PPI sekaligus mencicipi Covare, kopi PT PPI. Kesan santai namun serius dan resmi begitu terasa dalam pertemuan kemarin.

Nota Kesepahaman tersebut dibuat berdasarkan asas kesetaraan, itikad baik, dan saling menguntungkan, dengan tetap memperhatikan dan menghormati prinsip-prinsip manajemen atau tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance) dan disesuaikan dengan fungsi kelembagaan masing-masing kedua belah pihak dengan tetap memperhatikan dan menghormati peraturan serta ketentuan yang berlaku.

Maksud Nota Kesepahaman ini mewujudkan sinergitas kerja sama PT PPI dan PTPN dalam pengelolaan pasca panen dan pembelian komoditi kopi serta kegiatan pemasaran komoditi lainnya yaitu teh, sawit dan industri hilir dengan memenuhi prinsip dasarnya.

 

Davao

 

Rangkaian acara Indonesia Food & Beverage Expo yang dihelat di Davao City, Filipina.

PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) berpartisipasi pada acara yang diselenggarakan Konsulat Jenderal Republik Indonesia untuk Kota Davao yang dibuka oleh Walikota Davao, Sara Duterte, yang juga putri Presiden Filipina, Rodrigo Duterte.

Acara ini menjadi ajang promosi relasi ekonomi Indonesia-Filipina melalui jaringan bisnis.

Lebih dari delapan ribu pengunjung memadati expo tersebut. Para pengunjung berasal dari kalangan pengusaha, pedagang, chamber of commerce, media dan umum dari Davao dan kota-kota lain di Mindanao.

Expo yang bersifat outcome oriented ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan promosi ekonomi dan budaya Indonesia dalam rangka peningkatan hubungan perdagangan kedua negara, khususnya wilayah Mindanao.

Mangrove

PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) melakukan penanaman pohon Mangrove dalam rangka Program Bina Lingkungan, yang dilaksanakan di Kawasan Pusat Restorasi dan Pembelajaran Mangrove (PRPM) Muara Tawar, Kabupaten Bekasi, pada tanggal 10 Juli 2018.

Dengan tajuk “Lestarikan Mangrove untuk Bumi yang Lebih Baik”, para insan PPI terjun langsung untuk menanam bibit-bibit mangrove ke dalam kolam lumpur. Kegiatan ini diharapkan bisa membuat lingkungan sekitar lebih tangguh akibat perubahan iklim, rob, perubahan angin dan upaya mitigasi ini dapat mengurangi resiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana.

Kegiatan juga dilakukan dengan pemberian santunan untuk anak-anak yatim yang berada di sekitar kawasan (PRPM).

Bina Lingkungan adalah program wajib ihwal pemberdayaan kondisi sosial masyarakat oleh BUMN. Selama ini PPI turut aktif melakukan selain Bina Lingkungan, juga Program Kemitraan untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil agar menjadi tangguh dan mandiri.

 

 

 

Kegiatan penanaman mangrove ini merupakan salah satu kegiatan dalam rangkaian HUT PT PPI yang ke-15.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero)
PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero)
GRAHA PPI, Jl. Abdul Muis No.8,
Jakarta Pusat, DKI Jakarta, 10160,
Indonesia
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Phone: +6221 3862141
Fax: +62 21 3862143