Loading...

header informasi

header all

 

PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) sebagai BUMN dan sebagai agen perubahan, berusaha menjawab tantangan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengonsumsi ikan.

Sebagai bukti konkret manajemen PT PPI terhadap pengembangan SDM, generasi milenial PT PPI didorong untuk menciptakan inovasi bisnis, salah satunya melalu program kemitraan dalam konsep franchise/waralaba, yaitu sajian kuliner ikan yang kami diberi nama Ikan Pop.

Produk ini disajikan dalam bentuk fillet ikan goreng tepung, dengan padanan nasi putih pulen yang berasal dari brand PT PPI juga, yaitu Panganesia. “Sajian Sehat Setiap Saat” adalah tagline Ikan Pop, tentunya dengan harga yang terjangkau untuk masyarakat dengan konsep gerobak kekinian.

Dengan 32 cabang yang PT PPI miliki di seluruh Indonesia, untuk tahap awal pengembangan market di Jabodetabek, kami targetkan 1.000 outlet.

Ke depan PT PPI akan bermitra dengan Mitra Ikan Indonesia, Koperasi Ikan, BUMN produsen ikan, dan nelayan, untuk menjadi sumber suplai bahan baku ikan.

PT PPI juga akan menggandeng (Himpunan Bank Milik Negara) HIMBARA BUMN untuk membantu kemudahan para mitra di sisi permodalan dalam menjalankan bisnis waralaba Ikan Pop.

PT PPI optimis waralaba Ikan Pop dapat diterima masyarakat, dan membuka peluang usaha kecil dan menengah, sehingga dapat terbentuk ekosistem bisnis dari hulu hinga hilir.

PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) baru saja melaksanakan Rapat Kerja Penyusunan RKAP Tahun 2020 dengan tagline "Akselerasi Daya Saing melalui Inovasi dan Penguatan Kualitas Sumber Daya Manusia".
ㅤㅤ
Rapat Kerja diakhiri dengan penandatanganan Komitmen Bersama, sebagai tanda siap untuk merealisasikan dan bertanggung jawab atas pencapaian target RKAP 2020.

 

Pada tanggal 28 Oktober 2019, segenap insan PT PPI (Persero) melaksanakan Upacara Sumpah Pemuda.

Sumpah Pemuda membuktikan, perbedaan yang dimiliki bangsa Indonesia ternyata dapat disatukan sebagai perwujudan Bhinneka Tunggal Ika yang berarti "berbeda-beda tetapi tetap satu". ㅤㅤ
Sumpah Pemuda juga memuat banyak nilai positif yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari, seperti: nilai patriotisme, gotong-royong, musyawarah untuk mufakat, cinta tanah air, kekeluargaan, persatuan dan kesatuan, kerukunan, kerja sama, cinta damai, serta tanggung jawab.

Maka, Sumpah Pemuda hendaknya dapat dijadikan sebagai inspirasi bagi generasi muda Indonesia sekarang untuk membawa negara ini ke arah perubahan yang lebih baik, bukan justru terpecah-belah dalam pusaran konflik antarsesama anak bangsa sendiri.

 

 

PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) mengikuti pagelaran Trade Expo Indonesia 2019 pada 16-20 Oktober 2019 di Indonesia Convention Exhibition, BSD, Tangerang Selatan.

Pada Program Misi Pembelian (buying mission) penyelenggaraan Trade Expo Indonesia (TEI) ke-34, PT PPI berhasil melakukan kontrak dagang yang penandatangannya dilakukan di sela gelaran TEI 2019 bersama-sama dengan 14 negara dan 32 perusahaan di Indonesia.

Adapun PT PPI melakukan kerjasama dengan:

1. Haggag Import & Export Co Mesir – Ekspor Kopi, Sarden & Tuna Arnesh;

2. FWUSOW Industry, CO., LTD Taiwan – Ekspor Wijen dan Impor Makanan Hewan/Ternak;

3. Ascent Taiwan – Pembukaan Representatif Office, Ekspor Kopi, Teh dan Brown Sugar;

4. Ex Syndesol Ltd. Mesir – ekspor Sardin & Tuna Arnesh, impor Rock Phospate;

Sampai hari terakhir perhelatan TEI, dari beberapa MoU dan LoI yang sudah ditandatangani, terdapat potensial transaksi sekitar US$ 3.500.000 dengan urutan rincian produk potensial adalah komoditi dan produk kopi, ikan kaleng, keripik, rempah-rempah, kelapa dan turunannya, kacang mete, palm sugar, beras, dan CPO & turunannya.

Web

 

PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) menandatangani Memorandum of Understanding dengan PT Nuansa Investindo ihwal kerjasama perdagangan ekspor dan impor, di Kantor Pusat PT PPI, Graha PPI.

Agus Andiyani selaku Dirut PT PPI dan Zahrul Hadiprabowo selaku Dirut Nuansa Investindo mewakili masing-masing perusahaan untuk menandatangani nota kesepahaman tersebut.

Maksud dan tujuan nota kesepahaman tersebut adalah menetapkan kesepahaman antara PT PPI dan Nuansa Investindo guna menuju pada kerjasama dalam hal perdagangan ekspor dan impor distribusi dan/atau dalam bentuk kerjasama lain yang saling menguntungkan.

PT PPI dan Nuansa Investindo akan melakukan inventarisasi potensi dan sumber daya yang dimiliki dalam hal rencana kerjasama, dan berpartisipasi pada kerjasama sesuai kompetensi masing-masing dan membahas kajian dari kedua pihak.

 

Inagurasi Rekrutmen Bersama

Hasil asesmen rekrutmen bersama Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sudah diumumkan beberapa waktu yang lalu. Lowongan kerja BUMN 2019 ini digelar hasil bersinergi dengan Forum Human Capital Indonesia (FHCI).

Pendaftaran rekrutmen BUMN ini dibuka sejak 3-24 Maret 2019. Rekrutmen membuka 11.000 lowongan kerja bagi lulusan SMA, SMK, Diploma dan Sarjana. Sebanyak 110 BUMN juga turut bergabung dalam perekrutan bersama ini. Dalam proses rekrutmen, BUMN dan FHCI membuka tiga kategori pendaftaran yaitu reguler, disabilitas dan Kawasan Timur Indonesia.

Dari program perekrutan bersama ini, PT PPI berhasil menjaring 48 orang, dengan rincian 2 untuk peserta disabilitas, 2 untuk kategori timur indonesia (KTI), dan sisanya kategori reguler. Sebanyak 1.629 karyawan dari perwakilan 99 BUMN yang terpilih dalam Program Perekrutan Bersama (PPB) BUMN 2019, termasuk PT PPI, menghadiri kegiatan Inagurasi dan Pembekalan Wawasan Kebangsaan/Bela Negara yang dilaksanakan oleh FHCI.

Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno mengapresiasi bergabungnya para penyandang disabilitas ke perusahaan pelat merah. Dia berjanji membuat program-program untuk kelompok difabel sehingga bisa berkembang bersama BUMN. Upaya membuka kesempatan bagi para penyandang disabilitas sejalan dengan komitmen PT PPI sebagai bagian dari pemerintah untuk meningkatkan kualitas SDM secara merata.

Program yang telah digodok selama 3 tahun ini sejalan dengan upaya pemerintah mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia karena memang ini program yang sangat penting. Program ini tidak lepas dari dukungan dan dorongan Presiden Jokowi. Indonesia bisa membangun SDM yang unggul, pekerja mulia, berhati indonesia dan berideologi Pancasila.

Mayoritas karyawan baru ini adalah generasi Z atau mereka yang lahir pada tahun 1995-2010. Kehadiran generasi Z dalam jajaran SDM BUMN mampu memberikan pemikiran yang baru dan segar kepada perusahaan negara. Dengan begitu, harapannya BUMN mampu bisa berkembang lebih cepat dalam 10 tahun ke depan.

Japan Premier Bakery Confectionery Expo 1

PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) mengikuti event Japan Premier Bakery & Confectionery Expo pada 22-24 Juli 2019 di Aomi Hall B Tokyo Big Sight, Jepang.

Expo yang digelar untuk ke-8 kalinya ini diikuti oleh sekitar 200 exhibitors yang merupakan produsen dari Jepang dan luar negeri (Indonesia & USA) untuk produk dan komoditi bahan makanan, minuman, dan mesin-mesin pendukung proses pembuatan, sampai dengan pengemasan produk-produk makanan dan minuman dengan teknik dan teknologi terbaru di Jepang.

Expo ini dikunjungi oleh sekitar 5000 visitor dengan profile CEO, Director, Managing Director, Manager dan Proprietor dari Jepang, Korea dan China.

PT PPI dalam expo tersebut membawa komoditi hasil alam Indonesia seperti kopi, cocoa, kelapa dan turunannya, kina, minyak esensial, gula, teh dan turunannya, CPO dan turunannya, rempah-rempah, dan lain-lain.

Setelah expo berlangsung, PT PPI melakukan meeting dan presentasi komoditi kepada The Japan Chamber of Commerce and Industry (JCCI) yang didukung oleh Atase Perdagangan RI di Tokyo, serta berkesempatan melakukan diskusi dengan Atase Perdagangan Osaka untuk beberapa peluang Indonesia khususnya PT PPI di Osaka. Selain itu PT PPI juga mendapatkan undangan dari BNI Cabang Tokyo dan BNI Tokyo berkomitmen untuk mendukung setiap transaksi ekspor PT PPI ke Jepang.

 

 

KPKU

 

Tentunya kita telah memahami bahwa Kriteria Penilaian Kinerja Unggul (KPKU) bersifat wajib untuk dipraktikkan di lingkungan BUMN. Penerapan KPKU dilatarbelakangi oleh tuntutan kepada BUMN untuk mampu meningkatkan daya saing sekaligus siap menghadapi era pasar bebas Masyarakat Ekonomi ASEAN.

Dengan berpedoman pada KPKU, maka tiap BUMN dapat menilai semua elemen di perusahaan tersebut yang berpengaruh pada pengelolaan perusahaan, peningkatan proses, dan peningkatan hasil. Dengan adanya KPKU sebagai pedoman dan alat ukur, maka BUMN diharapkan dapat merancang keunggulan kinerja organisasi, mendiagnosa sistem manajemen kinerja secara keseluruhan, mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan organisasi, serta menilai upaya perbaikan kinerja.

Begitu pula PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) (PPI). Tanggal 22 Juni hingga tanggal 28 Juni 2019, dilakukan pembukaan assessment dan perkenalan para direksi dan pejabat struktural PPI oleh Direktur Utama.

KPKU memiliki tiga peran penting dalam memperkuat daya saing BUMN:

  1. Membantu memperbaiki kapabilitas dan kinerja BUMN, baik finansial maupun non finansial.
  2. Memfasilitasi komunikasi dan berbagi informasi mengenai praktik-praktik terbaik.
  3. Berfungsi sebagai alat kerja untuk memahami dan mengelola kinerja dan untuk memandu perencanaan serta pembelajaran organisasi.

KPKU didesain untuk menyediakan pendekatan (metode/sistem) terpadu dalam pengelolaan kinerja BUMN yang ditujukan untuk menghasilkan hal-hal sebagai berikut:

  • Penyampaian nilai yang selalu meningkat kepada pelanggan dan kepada pemangku kepentingan lainnya sehingga berdampak pada keberlangsungan perusahaan (company sustainability).
  • Peningkatan efektifitas dan Individu.

Assessment KPKU di PPI ini merupakan kali ke-6 diadakan, di mana skor perusahaan selalu naik tiap tahunnya.

Dengan dilakukannya evaluasi atas implementasi KPKU, diharapkan PPI dapat meningkatkan kinerjanya sehingga dapat berkompetisi dengan pesaing di pasar dalam negeri dan pesaing di luar negeri (pasar global) dan semakin menyejahterakan masyarakat.

Mudik Gratis

PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) melepas peserta mudik gratis dalam Program Mudik Bersama BUMN di Graha PPI dan Gelora Bung Karno, Jakarta, 30 Mei 2019.

Program ini merupakan bentuk empati perusahaan terhadap kebutuhan mudik masyarakat menjelang hari Idul Fitri 1440 H dan sejalan dengan program pemerintah dalam upaya pengalihan pemudik sepeda motor ke moda transportasi bus, kereta api dan kapal laut dipilih untuk meminimalisir resiko kecelakaan lalu lintas.

Moda transportasi yang digunakan untuk mudik gratis PT PPI ini adalah bus, yang memberangkatkan 360 peserta mudik dengan tujuan kota di wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah.

PT PPI juga mengucapkan selamat merayakan mudik bagi para pemudik, semoga selamat sampai tujuan dan dapat merayakan lebaran bersama keluarga dengan penuh suka cita.

Pangan Murah Ramadan Gorontalo

PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) menggelar pasar murah bahan kebutuhan pokok bagi masyarakat jelang Lebaran di Lapangan Taruna Remaja, Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Selasa 28 Mei 2019.

Sebanyak 2.000 paket bahan pokok yang disediakan pada pasar murah yang merupakan rangkaian kegiatan BUMN Hadiri Untuk Negeri (BHUN) tersebut.

Secara umum, kegiatan BHUN ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan secara serentak, dengan Bank Mandiri sebagai PIC acara tersebut.

Kegiatan ini sendiri merupakan rangkaian pertama yang akan berlanjut. Beberapa waktu yang lalu, PT PPI bersama Bank Mandiri, Djakarta Lloyd, dan Indonesia Re sudah membagikan bantuan ke pesantren serta panti asuhan berupa 1.000 Alquran serta bantuan lainnya.

Pada rangkaian BHUN di Gorontalo, juga akan dilaksanakan upacara bendera 17 Agustus. Adapun kegiatan lainnya yaitu Siswa Mengenal Nusantara (SMN) yang akan dipilih siswa-siswa terbaik dari seluruh Gorontalo untuk didaftarkan mengikuti pertukaran pelajar tersebut dengan daerah lain.

Para peserta nantinya akan mengikuti pertukaran dengan pelajar dari daerah lainnya di Indonesia selama satu bulan lamanya.

Untuk penutupan seluruh rangkaian kegiatan, akan ditutup dengan jalan sehat bersama.

PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero)
PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero)
GRAHA PPI, Jl. Abdul Muis No.8,
Jakarta Pusat, DKI Jakarta, 10160,
Indonesia
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Phone: +6221 3862141
Fax: +62 21 3862143